Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-23 17:17:51

Peringati Hari Santri 2021, Pemkot Probolinggo Gelar Gowes hingga Vaksinasi

GOWES RELIGI: Peserta Gowes Religi Sarungan dilepas Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dari depan kantor walikota menuju garis finish di klinik NU.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkot Probolinggo memperingati Hari Santri Nasional 2021 dengan menggelar Gowes Religi Sarungan bareng ulama. Kegiatan yang diselenggarakan Sabtu (23/10/2021) itu, disambut antusias warga Kota Probolinggo dan sekitarnya. Selain gowes, banyak kegiatan yang dilakukan dalam momen HSN tersebut.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memberangkatkan peserta Gowes Religi Sarungan dengan mengambil start di depan kantor Walikota Probolinggo. Tepatnya di Jalan Raya Panglima Sudirman nomor 19. Finish dari gowes tersebut di klinik Nahdlatul Ulama  Kota Probolinggo, di Jalan Mastrip, Kecamatan Kedopok.

Baca Juga : DPRD dan Pemkot Probolinggo Sahkan APBD 2022, F-NasDem: Inkonstitusional!

Ratusan peserta tercatat mengikuti HSN yang mengambil tema Santri Siaga Jiwa dan Raga itu. Panitia kegiatan tersebut menyiapkan sejumlah doorprize menarik, mulai sepeda hingga kulkas.

Baca Juga : Gempur Peredaran Rokok Ilegal, Diskominfo Kota Probolinggo Gencar Lakukan Sosialisasi

VAKSINASI: Peserta upacara HSN 2021 yang belum disuntik vaksin, mendapatkan vaksinasi. Tampak Wali Kota Habob Hadi Zainal Abidin dan dr. Mohamad Haris memantau pelaksanaan vaksinasi.

Sejumlah kegiatan digelar pemkot setempat bekerjasama dengan PCNU Kota Probolinggo dalam memperingati HSN 2021. Selain Gowes Religi Sarungan, juga upacara HSN yang dilaksanakan Jumat (22/10/2021). Seusai upacara, pemkot melakukan vaksinasi pada peserta upacara yang belum divaksin.

Kepala Bakorwil V Jember Imam Hidayat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, rangkaian kegiatan yang digelar Pemkot Probolinggo wujud komitmen untuk menyehatkan warganya. Karena itu, Pemprov Jatim menurut pria yang akrab disapa Imam itu optimistis Kota Probolinggo semakin maju.

“Ini menunjukkan semangat kita bersama dalam memerangi covid-19. Baik pemerintahnya, masyarakat, hingga kalangan santri bahu membahu dalam memperbaiki keadaan,” katanya. Diketahui, pemkot memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi gratis di pusat pelayanan kesehatan. Salah satunya di klinik NU.

DISKUSI: Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menyempatkan berdiskusi dengan ulama di sela-sela kegiatan HSN di tempat wisata Sumber Sentong.

Hal senada disampaikan Habib Hadi Zainal Abidin. “Peran santri dalam pembangunan bangsa tidak bisa dianggap sebelah mata. Banyak jebolan pesantren yang kiprahnya telah diakui masyarakat. Salah satunya turut serta menyukseskan program pemerintah dalam menanggulangi wabah covid-19,” katanya.

Apa yang telah dilakukan selama ini, merupakan upaya bersama dalam pencegahan covid-19. Vaksinasi menurutnya tetap menjadi kunci utama dan harus kita galakkan. Selain mematuhi prokes, agar lebih cepat kita kembali pada kehidupan normal.

Selain itu, Habib Hadi mengatakan, bahwa pada momen HSN juga memberikan reward bagi bagi tempat-tempat ibadah yang menaati protokol kesehatan. Mulai dari masjid, gereja, hingga tempat ibadah keagamaan lainnya. Bentuk reward-nya adalah menggratiska biaya listrik.

PEMBAGIAN DOORPRIZE: Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengundi hadiah bagi peserta Gowes Religi Sarungan yang digelar untuk memperingati HSN 2021.

“Mudah-mudahan bermanfaat. Karena saya melihat bahwa tempat ibadah merupakan tempat yang paling penting. Pemerintah harus hadir, supaya kenyamanan di tempat ibadah, itu bisa terus berjalan. Bagi tempat ibadah yang sudah lengkap verifikasinya sesuai peraturan, kita gratiskan biaya listrik mulai Oktober,” jelasnya.

Terkait Perpres nomor 82 Tahun 2021 tentang Dana Pondok Pesantren, pemkot setempat telah merencanakannya. “Di antaranya kami bantu genset. Sehingga tidak ada lagi pondok pesantren yang ketika listrik padam, aktivitasnya berhenti. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah terwujud,” ungkapnya. (*/hla/sp)