Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-27 17:43:05

Peringati Harkopnas ke-74, Luncurkan Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera Berbasis Digital

VIRTUAL: Dari kiri, Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setyorini Sayekti, dan Kepala DKUPP Fitriawati saat mengikuti seremonial peringatan Harkopnas ke-74 di ruang Command Centre secara daring bersama Ketua Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari Bisowarno.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-74 yang dilaksanakan Pemkot Probolinggo, Selasa (27/7/2021) berlangsung meriah, meski dilaksanakan secara virtual. Dalam peringatan tersebut, pemkot menggelar berbagai acara. Di antaranya, launching Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera berbasis digital.

Peringatan Harkopnas tersebut mengambil tema “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat”. Tema tersebut didasari semangat meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Kota Probolinggo.

Baca Juga : Peringatan Hari Jadi yang ke 662, Pemkot Probolinggo Diganjar Prestasi Leprid

Sejumlah tokoh hadir dalam peringatan tersebut. Di antaranya, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Sri Untari Bisowarno; Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin; Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati; dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setiyorini Sayekti.

Baca Juga : Peringatan Hari Jadi ke 662, Pemkot Probolinggo Diganjar Prestasi Leprid

Kemudian, Ketua Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera yang juga Kepala Bappeda Litbang Tartib Goenawan; Ketua Dekopinda Kota Probolinggo Agus Lithanta; dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo Fitriawati.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, keberadaan Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera nantinya akan turut meningkatkan perekonomian Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan juga masyarakat secara luas. Karena anggotanya nanti tak hanya ASN, namun juga pensiunan ASN dan juga masyarakat umum. Di antaranya juga pelaku UMKM.

“Kita harus menjaga kepercayaan masyarakat dengan keberadaan koperasi. Karena kita ketahui bersama, banyak koperasi yang memiliki problem dalam pengelolaannya,” katanya. Rencananya, Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera akan berkantor di Jalan Hayam Wuruk, depan kolam renang TRA Kota Probolinggo.

POTONG TUMPENG: Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin memotong tumpeng sebagai penanda peringatan Harkopnas ke-74 disaksikan Sekda drg. Ninik Ira Wibawati dan pejabat terkait.

Tak hanya kantor pusat, nantinya akan dibentuk unit-unit usaha sebagai bagian dari pengembangan koperasi tersebut di masing-masing kecamatan. “Apa saja program yang terkait dengan perekonomian melalui koperasi, akan dikontrol agar bisa kita lihat hasilnya,” kata politisi PKB tersebut.

Dalam prakteknya nanti, Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera akan berbasis digital sebagai upaya menjawab tantangan zaman. Karena itu, penting menurut pria yang akrab disapa Habib Hadi itu, untuk menguatkan sistem Informasi Teknologi (IT). Hal itu juga mendorong masyarakat untuk melek teknologi.

Sementara itu, Kepala DKUPP Fitriawati mengatakan, peringatan Harkopnas 2021 menjadi momentum untuk terus meningkatkan sinergisitas program pemerintah pusat dan daerah. “Selain momentum menggerakkan ekonomi kerakyatan, serta transformasi koperasi menjadi modern melalui digitalisasi koperasi,” terangnya.                   

Fitriawati menjelaskan, dalam peringatan Harkopnas juga digelar berbagai macam kegiatan. Selain launching Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera berbasis digital, juga dilakukan pemberian bantuan sosial (bansos) berupa sembako dari Gerakan Koperasi pada 75 anggota koperasi. Ada juga pemberian penghargaan koperasi terbaik di Kota Probolinggo.

Selain itu, juga digelar pelatihan ekoprint (pembuatan batik dari daun-daunan) bagi koperasi dan UMKM, pelatihan pengelolaan keuangan bagi UMKM secara online, dan pemberian diskon belanja di gerai Dekranasda sebesar 5 persen setiap pembelian di atas Rp 100 ribu. Lalu, gelar produk UMKM, pelatihan olahan mangga, lokakarya Dekranasda; dan launching produk UMKM dengan Indomaret.

 “Kami berharap, keberadaan Koperasi Pegawai Negeri Sejahtera bisa berjalan dengan baik dengan sistem modernisasi  pengelolaan koperasi. Sehingga ke depan benar-benar bisa menyejahterakan masyarakat. Tak hanya ASN, namun juga non ASN,” harapnya. (*/hla/sp)