Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-17 14:06:50

Peringati HKG PKK Ke-50, Wali Kota : Gerakan Masyarakat Untuk Pemberdayaan Keluarga

PERHATIAN: Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin memberikan bingkisan pada Adinda, ibu bayi yang melahirkan tepat di Hari Kesatuan Gerak PKK.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkot Kota Probolinggo menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang ke-50. Kegiatan bertema “Berbakti untuk Bangsa Berbagi untuk Sesama” itu dilaksanakan di Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo, Kamis (17/3/3022).

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin; Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin; Sekda Ninik Ira Wibawati; Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Rey Suwigtyo; serta para camat dan perwakilan organisasi wanita.

Baca Juga : Emil, Siswa Smada Kota Probolinggo Meraih 2 Kejuaraan Internasional

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Probolinggo Hj. Aminah Hadi Zainal Abidin menginginkan kesatuan gerak PKK kembali dalam ruh-nya. Peringatan 50 tahun HKG merupakan tahun emas dimana setiap kader PKK diharapkan dapat mendedikasikan dan mengabdikan diri untuk masyarakat.

Baca Juga : Emil, Siswa Smada Kota Probolinggo Raih 2 Kejuaraan Internasional

MOTIVASI: Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mendorong PKK dan pengurus organisasi wanita untuk selaras dan bersinergi dengan program pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

“Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua, sebagai keluarga besar gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama, mendedikasikan semua pengabdian dan kiprah gerakan PKK untuk turut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Tidak hanya sebagai peringatan momentum saja, istri dari Wali Kota Probolinggo ini mempertegas kerja kelembagaan PKK harus sesuai instrumen dan manajemen. Sehingga dapat dikelola dan berjalan dengan baik.

“Secara kelembagaan kita harus melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program. Pada hakikatnya, program-program PKK dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran apabila semua dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang juga baik,” katanya.

POTONG TUMPENG: Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin memotong tumpeng dalam peringatan HKG PKK yang ke-50, disaksikan Sekda Ninik Ira Wibawati dan Kepala Dinsos P3A Rey Suwigtyo.

Ia berharap, momentum peringatan HKG PKK ke 50 ini menjadi titik tolak untuk semangat pembaharuan dalam lembaga tersebut. Program PKK harus dirasakan manfaatnya bagi warga Kota Probolinggo. Seperti halnya yang dilakukan saat ini, yakni pemeriksaan kesehatan berupa deteksi dini pemeriksaan kanker serviks.

"PKK tetap jaya, tetap eksis dan bisa membantu pemerintah Kota Probolinggo untuk memberikan manfaat bagi warga Kota Probolinggo. Salah satu yang bisa kami lakukan saat ini, yaitu pemeriksaan kesehatan deteksi dini pemeriksaan kanker serviks dan pemberian tali asih pada bayi lahir yang bertepatan dengan hari HKG PKK,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, PKK harus menjawab tantangan yang ada serta menjadi teladan bagi masyarakat. Karena itu, dalam pelaksanaan pembangunan di daerah, setiap gerakan PKK harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah.

KEJUTAN: Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin memberikan hadiah berupa mini gold pada warga yang berhasil menjawab pertanyaan, saat memantau pelaksanaan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Kanigaran.

“Peran wanita penting dalam memberikan pembelajaran pada masyarakat. Ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita mempunyai amanah dan dipercayai menjadi simpul masyarakat,” katanya dalam sambutan.

Rangkaian kegiatan peringatan HKG Ke-50 ini kemudian dilanjutkan dengan pemantauan pelaksanaan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Kanigaran. Saat kunjungan ke Puskesmas Kanigaran, Aminah didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) dr. Nurul Khasanah Hidayati.

GENDONG: Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin berkunjung ke rumah bayi yang lahir pada peringatan HKG PKK Ke 50, di kelurahan Kedung Asem.

Dalam kunjungannya, ketua PKK juga berkesempatan memberikan hadiah pada pasien yang beruntung menjawab pertanyaan dalam bentuk game. Hadiahnya cukup menarik, yakni mini gold. Setelah itu, rombongan bertolak mengunjungi bayi yang lahir yang bertepatan dengan HKG PKK Ke-50.

Bayi yang beruntung dikunjungi adalah bayi perempuan pasangan Adinda dan Indra. Bayi mungil yang masih berusia 2 pekan itu berkesempatan digendong oleh Aminah. Tak membawa tangan kosong, dalam kunjungannya Tim PKK Kota Probolinggo memberikan parcel dan bingkisan berupa satu perlengkapan bayi. (*/mel/sp)