Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-09 18:32:45

Peringati HKN-56, RSUD dr Mohamad Saleh Probolinggo Gandeng LK2PI Gelar Webinar "Rokok Adalah Musuh Bersama"

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahun ini, RSUD dr Mohamad Saleh memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) dengan  cara yang berbeda. Jika sebelumnya sarat kegiatan bersama, tahun ini HKN yang tiap tahunnya diperingati pada tanggal 12 November akan dirayakan secara online. Yaitu melalui webinar yang mengangkat tema, "Rokok Adalah Musuh Bersama".

Webinar itu sendiri dilaksanakan pada Sabtu 7 November 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting. Tema rokok diangkat agar masyarakat meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat. Hal ini sejalan dengan tema HKN-56 tahun 2020, yaitu "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat".

Baca Juga : Hari Kesehatan Nasional Ke 56, Bupati Probolinggo Gowes Sehat Bersama Tenaga Kesehatan

Webinar ini merupakan hasil kerjasama antara RSUD dr Mohamad Saleh dengan Lembaga Kajian dan Kebijakan Pemerintah Indonesia (LK2PI). Salah satu narasumber yang didapuk untuk mengisi webinar ini ialah dr. Anung Sri Handayani, S.Pp dan dr. Saiful Alam, Sp.KJ. Keduanya merupakan dokter spesialis yang bekerja di RSUD dr Mohamad Saleh.

Baca Juga : Hari Kesehatan Nasional Ke 56, Bupati Gowes Sehat Bersama Tenaga Kesehatan

Ada hal yang cukup menarik saat dokter Anung, yang merupakan dokter spesialis paru, memaparkan data perilaku merokok masyarakat Indonesia. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara ketiga dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah China dan India.

"Lebih dari 225.000 penduduk Indonesia meninggal akibat rokok setiap harinya. Sebanyak 13 juta remaja usia 13-15 tahun menjadi perokok aktif," kata dr. Anung Sri Handayani dalam webinar Sabtu 7 November 2020.

Karena itu, menurutnya hal ini bisa dicegah jika semua pihak bekerjasama. Yaitu dengan menjadikan rokok sebagai musuh bersama.

Adapu puncak kegiatan Hari Kesehatan Nasional 2020 akan digelar paada tanggal 12 November mendatang. Walau berada dalam kondisi pandemi, peringatan HKN akan tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan budaya hidup sehat. (mel/hvn)