Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-10 16:42:20

Persiapan Belum Matang, Pelantikan Pj Kades di Krejengan Diundur

KOSONG: Kursi-kursi yang telah diisiapkan oleh pihak Kecamatan Krejengan belum terisi. Ini karena agenda pelantikan Pj kades di Krejengan diundur pukul 7 malam, dari agenda semula pukul 14.00 WIB.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pelantikan Penjabat (Pj) kepala desa di Kabupaten Probolinggo berlangsung pada Jumat (10/9/2021). Pelantikan ini tersebar di beberapa kecamatan, dimana jabatan kepala desanya telah berakhir pada 9 September.

Direncanakan pelantikan tersebut serentak dilakukan pada pukul 14.00 WIB. Hanya saja, di Kecamatan Krejengan pelantikan tidak sesuai dengan rencana sebelumnya. Dimana pelantikan pj kades diundur pada pukul 19.00 WIB.

Baca Juga : Plt Bupati Probolinggo Segera Purnakan 226 Kades Definitif, Diganti Pj

Plt Camat Krejengan Taufiq mengatakan, undurnya waktu pelantikan ini disebabkan karena pihaknya masih melengkapi beberapa administrasi yang perlu disiapkan untuk proses pelantikan. Sementara untuk fasilitas awal, seperti kursi dan tempatnya sudah dipersiapkan.

Hanya saja, persiapan tersebut dinilai masih kurang. Bagaimana tidak, ia mengaku baru menerima surat pemberitahuan pelantikan Pj ini sekitar pukul 11.00 WIB."Total ada 13 Pj kades," terangnya pada tadatodays.com, Jumat (10/9).

Ia mengaku baru mendapatkan surat tugas untuk menjadi Plt Camat Krejengan menggantikan camat definitif Doddy Kurniawan, yang saat ini tersandung kasus korupsi jual beli jabatan yang dtangani KPK. Surat tugas menjadi Plt camat itu ia baru dapatkan sekitar pukul 10.30 WIB.

Sebelum-sebelumnya, ia masih belum berani untuk memutuskan sesuatu, seperti halnya mempersiapkan segala sesuatu pelantikan Pj itu. Setelah mendapatkan surat tugas Plt dan pemberitahuan pelantikan Pj kades, maka ia langsung lakukan persiapan fasilitas yang bakal digunakan.

Tetapi karena keterbatasan waktu, sehingga persiapan masih kurang dari harapan. "Tapi dipastikan hari ini (pelantikannya)," katanya.

Sekadar informasi, ada sebanyak 251 kepala desa definitif masa jabatannya sudah berakhir pada Kamis (9/9/2021). Kemudian sebanyak 226 ASN dilantik menjadi Pj kades pada Jumat (10/9). Sementara 25 desa lainnya lebih dulu dipimpin Pj, sebab kepala desa definitif di 25 desa tersebut meninggal sebelum habis masa jabatannya. (zr/don)