Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-12 14:42:26

Pesta Sabu, Oknum Polisi, Kades, Pengusaha Hanya Divonis Rehabilitasi

KASUS SABU: Pearsidangan kasus pesta sabu yang digelar PN Banyuwangi digelar secara daring. Majelis hakim dan JPU bersidang di Ruang Sidang Garuda, sementara terdakwa di Lapas Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADTODAYS.COM - Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi menggelar sidang putusan kasus pesta sabu dengan terdakwa seorang oknum polisi, oknum kepala desa, dan seorang pengusaha, Rabu (12/1/2022). Dalam sidang itu, majelis hakim memvonis ketiganya dengan hukuman rehabilitasi selama 6 bulan. Vonis itu jauh lebih ringan dibanding tuntutan JPU yakni hukuman penjara selama 1 tahun.

Identitas ketiga terdakwa yakni, RA, oknum polisi asal Kelurahan Kebalenan, MM, 54, oknum Kades Watukembo, Kecamatan Wongsorejo, dan pengusaha benur berinisial WW, 40, warga Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo.

Baca Juga : JPU Banyuwangi Nyatakan Banding Kasus Pesta Sabu Oknum Polisi-Kades

Persidangan tersebut digelar secara daring. Majelis hakim berada di ruang sidang Garuda PN Banyuwangi. Sedangkan ketiga terdakwa berada di Lapas Banyuwangi.

Edrus, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banyuwangi menyatakan masih pikir-pikir atas vonis yang lebih ringan dari tuntutan JPU. “Masih ada waktu 7 hari untuk melakukan banding atau tidak," ujarnya.

Sementara, Eko Sutrisno selaku Kuasa Hukum ketiga terdakwa mengatakan bahwa, putusan hakim sangat berkeadilan dengan menolak tuntutan JPU.

Menurut Eko, vonis tersebut sudah sesuai dengan pembelaan yang dilakukannya. "Kita menerima putusan tersebut," katanya.

Diketahui, sebelumnya JPU mendakwa oknum polisi berinisial RA dengan pasal 112 UU tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Sementara untuk terdakwa oknum kades inisial MM, dan seorang pengusaha berinisial WW didakwa dengan pasal 117 UU tengan Narkotika dengan ancaman 1 hukuman tahun penjara.

Eko menambahkan, dengan putusan itu maka tiga terdakwa tinggal menyisakan masa rehabilitasi selama delapan hari lagi.

Sebelumnya, ketiganya ditangkap saat sedang pesta sabu di rumah oknum polisi berinisial RA, 24 April 2021 lalu. (rl/don)