Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-26 20:12:57

Pilkades Serentak Rampung, Tapi 4 Desa di Probolinggo Masih Dijabat Pj

MENUNGGU: Pemerintah Kabupaten Probolinggo masih menunggu rekomendasi dari Kemendagri untuk melaksanakan Pilkades di 4 desa. Yakni, Desa Randuputih Kecamatan Dringu; Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran; Desa Kerpangan Kecamatan Leces dan Desa Alassapi Kecamatan Banyuanyar.

PROBOLINGGO, TADATODSYS.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten telah rampung. Akan tetapi, saat ini masih menyisakan 4 desa yang masih dipimpin penjabat (Pj) karena beberapa faktor. Selanjutnya, pelaksanaan Pilkades di 4 desa tersebut masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penunjukan Pj itu sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 9 tahun 2017 tentang Desa.

Baca Juga : Hampir Setahun Kosong, Akhirnya Gelar Pemilihan Kades Tegalharjo

Keempat desa tersebut adalah Desa Randuputih Kecamatan Dringu. Pilkades Randuputih gagal digelar karena semua calon mengundurkan diri secara serentak. Lalu Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran dan Desa Kerpangan Kecamatan Leces, karena satu dari dua calonnya meninggal dunia.

Baca Juga : Timbul Ajak 249 Kades yang Dilantik untuk Mengentas Kemiskinan

Selanjutnya, Desa Alassapi Kecamatan Banyuanyar. Desa Alassapi masih dijabat Pj karena kepala desa terpilih meninggal dunia sebelum pelantikan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat pada Pemkab Probolinggo, Heri Sulistyanto mengatakan kalau pihaknya sudah melaporkan hal tersebut kepada Kemendagri.

Selain itu, lanjutnya, Pemkab juga meminta persetujuan Kemendagri untuk menggelar Pilkades susulan dii 4 kades tersebut. Namun terkait kapan jadwal pelaksanakannya, pihaknya belum bisa memastikan. "Masih menunggu petunjuknya (Kemendagri)," terangnya, Selasa (26/4/2022).

Heri menjelaskan, jika nantinya surat pengajuan itu mendapat rekom dari Kemendagri maka, pihaknya akan segera melakukan tahapan Pilkades sesuai peraturan yang berlaku. Karena itu ia meminta masyarakat untuk bersabar dulu. (zr/don)