Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-20 16:00:49

Pilkades Tahap Dua 27 Desember, Pelantikan Kades Terpilih Tahap Satu 9 Agustus

DEMOKRASI DESA: Bupati Puput Tantriana Sari saat mengumumkan tahapan Pilkades tahap dua, melalui akun endlessprobolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengumumkan jadwal pemilihan kepala desa (pilkades) tahap kedua. Dalam siaran pers yang diunggah di akun instagram endlesprobolinggo, bupati menyampaikan kalau pilkades di 252 desa direncanakan pada 27 Desember 2021 mendatang.

Dalam video yang diunggah pada Minggu (20/6/2021) itu, bupati memastikan jika pihaknya sudah  melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait guna menentukan jadwal pilkades serentak tahap dua itu. Dari hasil koordinasi itu, diputuskan tahapan pilkades tahap dua dimulai pada bulan September 2021. "Target di 27 Desember kita melakukan pemungutan suara," tuturnya.

Baca Juga : Polres Probolinggo Usul Pilkades Serentak Tidak Digelar Desember

Ia juga menambahkan, bagi siapa saja yang hendak ingin memajukan wilayahnya, ataupun membangun desanya dengan cara mencalonkan diri sebagai kepala desa, maka segera mempersiapkan diri agar siap melalui tahapan-tahapan yang sudah ditentukan.

Baca Juga : Perbup Pilkades Kabupaten Probolinggo Mulai Direvisi

Tahapan tersebut disiapkan oleh seluruh panitia, baik panitia tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, maupun tingkat desa. "Tentunya dengan evaluasi pilkades kemarin," kata Tantri.

Selain menyampaikan pelaksanaan pilkades tahap dua. Dalam video berdurasi kurang dari 4 menit itu, Bupati Tantri juga menyampaikan rasa syukur karena pilkades serentak tahap pertama berjalan dengan lancar dan sukses.

Ia juga mengumumkan bahwasanya pelantikan kades terpilih pada pilkades 2 Mei 2021 lalu, bakal dilantik pada tanggal 9 Agustus 2021 mendatang.

Untuk itu ia memohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo, agar pilkades tahap dua nantinya berjalan lancar, aman dan sukses. Termasuk suksesnya pelantikan cakades terpilih tersebut. (zr/don)