Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-10 21:15:16

PKK Kota Probolinggo Bantu Peralatan Salat untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

BANTUAN: Ketua PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin, menyerahkan langsung bantuan peralatan salat kepada korban erupsi Gunung Semeru, yang mengungsi di gedung SMPN 1 Candipuro.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Probolinggo, memberikan bantuan alat salat kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Jumat (10/12/2021). Bantuan tersebut diberikan kepada warga di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Tak ayal, warga setempat pun senang dengan bantuan peralatan salat tersebut. Bantuan itu diberikan langsung oleh ketua PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin.

Baca Juga : Siswa SD di Probolinggo Lelang Lukisan untuk Korban Semeru

Aminah menyampaikan, inisiatif bantuan alat salat itu muncul saat dirinya berpikir kalau warga korban erupsi Gunung Semeru pasti membutuhkan alat salat. “Seperti, mukenah, sarung, kopyah, dan sajadah,” ujarnya.

Baca Juga : Suka Duka Relawan Pencari Korban Erupsi Semeru

Dari situlah, lanjut Aminah, PKK bersama beberapa OPD Pemkot Probolinggo dan beberapa elemen lain dapat mewujudkannya. “Hampir seribu alat salat,” kata Aminah.

Selain alat salat, pihaknya juga memberi bantuan berupa selimut, kebutuhan anak-anak dan uang tunai. "Alhamdulilah banyak yang membantu itu," kata perempuan yang juga istri dari Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Aminah menambahkan, pihaknya juga membuka posko bantuan di Dusun Krajan, Rw 03, Rw 01, Desa Sumberwuluh. Di posko tersebut warga diperkenankan untuk meminta bantuan berupa apapun.

Jika bantuannya ada, maka akan langsung diberikan. Tetapi jika tidak ada, maka pihaknya akan berupaya untuk membelikan terlebih dulu alat yang dibutuhkan warga. "Tidak ada syarat khusus," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zaenal Abidin mengatakan, selain mendirikan posko, personel BPBD dan PPK Kota Probolinggo yang menjaga posko juga akan berkeliling ke warga terdampak.

Personel tersebut akan bertanya kepada korban terkait bantuan apa yang saat ini dibutuhkan oleh warga. "Ke depan, insyallah kita akan bikin dapur umum," ujar Wali Kota Hadi.

Bantuan dari Kota Probolinggo itupun disambut gembira oleh warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Indah Yati, misalnya. Indah yang mengungsi di gedung SMPN 1 Candipuro ini mengaku akan menggunakan bantuan tersebut saat salat. "Ini sangat bermanfaat, pak," tuturnya.

Senada juga disampaikan oleh pengungsi lainnya bernama Rudi. Ia mengaku senang dan mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan alat salat itu. “Karena semua pakaian terendam abu vulkanik,” kata Rudi. (zr/don)