Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-17 14:05:02

Plt Bupati Probolinggo Gunakan Hak Suaranya di Pilkades Serentak

NYOBLOS: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko (kiri), didampingi sang istri Nunung Timbul Prihanjoko menggunakan hak suara di Pilkades Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron. Ia mengimbau kepada warga yang punya hak pilik untuk nyoblos di TPS masing-masing.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II di Kabupaten Probolinggo, sudah memasuki tahapan pemungutan suara, Kamis (17/2/2022). Dalam pesta demokrasi tingkat desa ini, Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko turut menyalurkan hak pilihnya.

Ditemani sang istri yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo, Nunung Timbul Prihanjoko, Timbul menyalurkan hak pilihnya di TPS 09 Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron.

Baca Juga : Plt Bupati Umrah, Pemkab Probolinggo Tidak Gelar Open House

Dalam kesempatan itu, Timbul Prihanjoko mengimbau semua masyarakat yang desanya menggelar Pilkades untuk menggunakan hak pilihnya. “Karena Pilkades ini merupakan sarana utama bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya,” katanya.

Baca Juga : Pilkades Serentak Rampung, Tapi 4 Desa di Probolinggo Masih Dijabat Pj

Timpul menerangkan, warga mendapatkan hak demokrasi penuh untuk memilih calon yang disenangi. Ia berharap agar pelaksanaa Pilkades tahun ini berlangsung aman dan kondusif. "Serta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat," terangnya.

Timbul menjelaskan, jika pihaknya telah berkomunikasi dengan jajaran Forkopimda untuk tetap mengantisipasi adanya potensi permasalahan selama berjalannya Pilkades di 250 desa.

Ia meminta kepada setiap calon kepala desa yang belum terpilih untuk menerima dengan lapang dada. Karena menurutnya, sebuah perhelatan pasti ada yang menang dan kalah. "Masih ada kesempatan pada periode selanjutnya," katanya.

Sekadar informasi, jumlah warga Kabupaten Probolinggo yang memilik hak pilih di Pilkades serentak tahap II sebanyak 723.046 orang. Sementara untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 250 desa sebanyak 1.847 TPS. (zr/don)