Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-08 19:41:37

Plt Bupati Probolinggo Segera Purnakan 226 Kades Definitif, Diganti Pj

DESA: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan 226 PNS untuk mengisi jabatan Pj Kades di 226 desa.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebanyak 226 kepala desa definitif di Kabupaten Probolinggo bakal segera dipurnakan, karena masa jabatannya akan habis per Kamis, 9 September 2021. Selanjutnya, Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko akan langsung menunjuk Penjabat sementara (Pj) kades yang diambil dari PNS di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Sejatinya, ada 252 desa yang belum memiliki kades definitif. Hanya saja 26 desa lainnya lebih dulu dipimpin Pj, karena kades definitif berhenti karena meninggal dunia dan karena alasan lainnya.

Baca Juga : Persiapan Belum Matang, Pelantikan Pj Kades di Krejengan Diundur

Saat menggelar rilis di Pendapa Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Rabu (8/9/2021), sekira pukul 16.00 WIB, Timbul Prihanjoko mengatakan kebijakan pemberhentian kades definitif tersebut mengacu pada Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Ia mengatakan bahwa tugas P kades yakni melanjutkan program desa yang belum selesai dan menyiapkan pemilihan kepala desa. "Nantinya PJ kades itu akan digantikan setelah hasil Pilkades dan ditetapkan kades definitif," ujarnya. (ang/don)