Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-11 19:19:37

Plt. Bupati Probolinggo: Selamat dan Sukses Kontingen Jamnas XI 2022

BENDERA KONTINGEN: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menyerahkan bendera pada Roni Suyanto, pembina pendamping kontingen Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo, sebagai bentuk dukungan pemkab pada pemberangkatan kontingan ke Jamnas XI 2022.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Plt. Bupati Probolinggo, Drs. H. A. Timbul Prihanjoko memberangkatkan kontingen Pramuka Kabupaten Probolinggo, yang akan berpartisipasi dalam Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022 di Cibubur, Jakarta Timur. Rombongan dilepas di Pendapa Prasaja Ngesti Wibawa, Kamis (11/8/2022).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati yang akrab disapa Timbul ini menyampaikan sejumlah pesan pada kontingen Pramuka Kabupaten Probolinggo. Tidak hanya pada peserta, namun juga pada pembina pendamping.

Baca Juga : Plt. Bupati Probolinggo: Selamat dan Sukses untuk Kontingen Jamnas XI 2022

“Saya ikut berbahagia setelah proses seleksi, adik-adik terpilih sebagai peserta jambore nasional. Artinya adik-adik merupakan pilihan dari Pramuka Penggalang di Kabupaten Probolinggo. Pesan saya, selain mengikuti kegiatan dengan baik, jaga nama baik Kabupaten Probolinggo dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Baca Juga : Universitas Panca Marga Terjunkan 442 Mahasiswa dalam Program KKN; Survei Langsung ke Masyarakat, Baru Laksanakan Program

Selain itu, Timbul juga berpesan agar peserta menjaga kesehatan saat berangkat, dalam kegiatan, dan perjalanan kembali. Yakni dengan istirahat yang cukup. Maklum, peserta akan mengikuti Jamnas selama 10 hari. Kekompakan masing-masing regu dan kontingen termasuk kedisiplinan, kebersamaan, dan lainnya juga penting untuk jadi pedoman.

BERI MOTIVASI: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memimpin pelepasan kontingan Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo dalam jamnas XI 2022.

“Kenalkan Probolinggo pada peserta jambore yang lain. Baik tentang budaya dan tempat wisata terbaik melalui kegiatan pentas seni, karnaval, dan pameran. Setelah berkegiatan di sana, kiranya bisa mengadopsi sesuatu yang baik untuk diterapkan di Kabupaten Probolinggo,” pesannya.

Pada pembina pendamping, ia berharap agar memperhatikan dan membimbing pra peserta dengan baik. Mulai kegiatan, makanan, dan kesehatan selama berangkat sampai kembali pulang ke Probolinggo. Dengan ucapan basamalah, Timbul melepas kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Jamnas ke-XI Tahun 2022.

“Semoga allah SWT memberikan kelancaran dan keberhasilan. Selamat jalan, semoga sukses dan kembali ke Probolinggo dengan selamat. Serta membawa ilmu pengetahuan kepramukaan dan pengalaman baik untuk membangun pramuka Kabupaten Probolinggo lebih maju,” tegasnya.

SIMBOLIS: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memakaikan atribut kontingen Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo pada peserta secara simbolis. Timbul berpesan pada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik dan menjaga nama baik Kabupaten Probolinggo.

Atas nama pemkab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Timbul juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang ikut berperan dalam menyiapkan peserta.

Timbul mengatakan, Jamnas adalah kegiatan yang digelar 5 tahun sekali. Jamnas juga merupakan ajang pertemuan bagi Pramuka penggalang (usia SMP/Mts) se-Indonesia untuk mengikuti kegiatan patriotik. Termasuk menggalang persahabatan dengan teman-teman dari Sabang sampai Merauke.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Edy Junaedi yang juga panitia pemberangkatan, mengucapkan selamat pada seluruh peserta. Menurutnya, peserta Jamnas dari Kabupaten Probolinggo berjumlah 18 orang. Terdiri dari anggota Pramuka penggalang perwakilan dari Kwartir Ranting (Kwarran) se kabupaten.

DUKUNGAN PENUH: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko foto bersama dengan pegurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo, panitia pelepasan kontingen, serta kontingen Jamnas XI 2022.

Rinciannya, 8 peserta regu penggalang putra; 8 peserta regu penggalang putri; satu orang pembina pendamping putra; satu orang pembina pendamping putri. “Nantinya, 80 persen kegiatan dilaksanakan di dalam perkemahan induk. Sementara di luar perkemahan induk 20 persen,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Kak Edy ini menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan dalam Jamnas XI Tahun 2022 diarahkan pada upaya pencapaian tujuan gerakan Pramuka. Yaitu pembinaan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik (Sesosif). Dalam rangka membentuk manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, dan mandiri.

Edi mengatakan, sifat kegiatan Jamnas nanti dilaksanakan melalui pendekatan-pendekatan yang bersifat edukatif, rekreatif, kreatif, produktif, inovatif, kompetitif, dan menantang. Metode kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi. (*/hla/sp)