Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-15 14:49:14

Polisi Amankan Mobil Calya Bodong yang Datanya Dipalsukan

BODONG: Petugas Satlantas Polres Probolinggo saat memeriksa minibus Toyota Calya yang ternyata mobil bodong.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satlantas Polres Probolinggo mengamankan sebuah mobil Toyota Calya bodong pada Minggu (14/8/2022) siang. Plat nomor dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) minibus tersebut diduga sudah dipalsukan menyerupai milik orang lain.

Mobil tersebut dikemudikan oleh Maruddin, 42, warga Desa Tanjung, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Sapari mengatakan, pengamanan mobil ini bermula dari informasi masyarakat bahwa ada mobil berplat nomor polisi palsu, yang sering melintasi jalur pantura Kota Kraksaan. Dari informasi itu, polisi segera melakukan pemantauan di jalur tersebut.

Setelah terpantau, pihak kepolisian segera melakukan pengejaran dan memberhentikan mobil tersebut. "Kami langsung lakukan pengecekan noka dan nosin," jelas AKP Sapari, Senin (15/8/2022).

Saat dilakukan pengecekan nomor rangka (noka) dan nomor mesin (nosin), ternyata tidak sama dengan yang tertera di STNK. Diduga kuat bahwa kendaraan tersebut kendaraan bodong yang datanya sudah dipalsukan.

Karena itu polisi segera menyita kendaraan tersebut beserta STNK yang menggunakan data palsu. Sedangkan pengemudinya diberikan surat tilang sebagai tindakan pelanggaran. "Kami limpahkan kasusnya ke Satreskrim," katanya. Satreskrim nantinya akan melakukan gelar perkara untuk penyelidikan lebih lanjut. (zr/why)