Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-01 14:01:05

Polres Probolinggo Kerahkan 948 Personel Amankan Pilkades, Janji Tindak Tegas Perusuh

BERSENJATA: Polres Probolinggo menerjukan ratusan anggota untuk mengamankan Pilkades Serentak 2021. Anggota polisi akan ditempatkan menjaga TPS.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo menerjunkan 948 personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Mereka akan ditugaskan di masing-masing TPS dan harus memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan aman.

Ratusan personel yang dilibatkan terdiri dari 90 anggota Brimob Polda Jatim, 98 anggota Dalmas Polda Jatim, dan 360 anggota Polres jajaran, serta 400 anggota Polres Probolinggo. Tak hanya personel polisi, pengamanan juga akan melibatkan anggota TNI dan juga Satpol PP.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Menjalani Vaksinasi

Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan dalam sambutannya saat apel Serpas BKO PAM Pilkades, Sabtu (01/4/2021) mengatakan, personel yang disiagakan akan ditugaskan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Jalani Vaksinasi

Mereka akan ditugaskan mulai 1-3 Mei 2021. Pemungutan suara sendiri akan dilaksanakan pada 2 Mei 2021. Semua personel diminta sigap dalam mengamankan Pilkades Serentak yang digelar di 62 desa ini. “Nanti untuk penugasannya akan dibagi,” katanya.

Ratusan personel ini sengaja dikerahkan khusus untuk menjaga keamanan, khususnya pada saat pemilihan berlangsung. Masing-masing personil diminta untuk waspada dan dapat memastikan bahwa pilkades di wilayah hukum Probolinggo aman.

AKBP Ferdy mengatakan, pihaknya juga tidak segan menindak oknum yang mengganggu kelancaran Pilkades Serentak ini. “Kami harus memastikan Pilkades tertib, aman, dan damai,” kata mantan penyidik KPK ini.

Jumlah 948 personil ini hanya terdiri dari jajaran Polri saja. Lain dengan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo yang juga turut bekerjasama menjaga keamanan pada pilkades serentak ini. Karena itu, ia meminta masyarakat juga berperan serta agar Pilkades aman. (zr/sp)