Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-04 19:19:31

Polresta Banyuwangi Ringkus Sindikat Pengedar 1 Kilogram Sabu-Sabu

SINDIKAT NARKOBA: Polresta Banyuwangi merilis kasus pengedar SS seberat 1 kilogram dengan dua orang tersangka.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap sindikat narkoba kelas kakap. Dua orang ditangkap Satuan Resnarkoba dengan barang bukti berupa narkotika golongan 1, yaitu   sabu-sabu (SS) seberat 1 kilogram siap edar.

Kasus ini dirilis Polresta Banyuwangi, Senin (4/7/2022). Dua orang yang berhasil diamankan berikut barang buktinya, ditunjukkan di hadapan media. 

Baca Juga : Ganja dari Malang Diedarkan di Kawasan Wisata Gunung Bromo

Dua orang yang ditangkap itu berinisial HR, 35, warga Desa/Kecamatan Genteng, dan JP, 29, warga Desa/Kecamatan Pesanggaran. Mereka diamankan pada Kamis (30/6/2022) lalu. 

Baca Juga : Perangkat Desa di Maron Edar Sabu, Punya Bilik Khusus Nyabu

Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa mengatakan, polisi lebih dulu menangkap HR di SPBU Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Dari HR, barang bukti 1 ons SS berhasil diamankan.

"Setelahnya kami mengembangkan kasus tersebut, serta menangkap JP di rumahnya yang berada di Kecamatan Pesanggaran dan berhasil ditemukan sabu seberat 900 gram," ungkap Kapolresta. 

Dalam penyidikan, pelaku mengaku mendapatkan sabu dari seseorang dengan cara ranjau yang ditaruh di sekitar jembatan di daerah Pesanggaran.

Dari kedua tersangka HR, polisi menyita barang bukti 100 gram SS, sepeda motor Vario warna hitam tanpa plat nomor, serta satu unit HP. Sedangkan dari tersangka JP, polisi menyita 900 gram SS, dan 1 unit sepeda motor Honda Scoopy nopol P 4770 UJ.

"Waktu kemarin setengah kilo, kini satu kilo. Kasus ini masih kita kembangkan lagi karena masih ada kaitannya dengan dua tersangka ini. Ada beberapa tempat lagi yang akan kita ungkap," tegas Kapolresta yang juga mengaku mengapresiasi kinerja jajaranya mengungkap kasus narkoba. 

Selanjutnya, kedua tersangka diamankan di tahanan Polresta Banyuwangi. Keduanya dijerat Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya 12 tahun penjara. (rl/why)