Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-25 06:06:28

Polresta Banyuwangi Siapkan Personel Kawal Paslon dan Penyelenggara

WALPRI: Polresta Banyuwangi menyiagakan 3 personel untuk mengawal masing-masing calon. Baik cabup maupun cawabup. Pun demikian ada 2 personel yang disiapkan menjaga Ketua KPU dan Bawaslu.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Setelah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, kandidat di Pilkada Banyuwangi mendapatkan pengawalan melekat dari Polres Kota (Polresta) Banyuwangi.

Pengawalan pada paslon yang dikenal dengan istilah pengawal pribadi (walpri), otomatis melekat sejak resmi ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati. Baik kepada Yusuf Widayatmoko-KH Muhammad Riza Aziziy yang mendapat nomor urut 1, maupun pada Ipuk Fiestiandani-Sugirah yang mendapat nomor urut 2.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi, Kembali Lakukan Rapid Test Massal

Pengawalan tidak hanya untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati, polisi juga memberikan pengawalan pribadi kepada Ketua KPU dan Ketua Bawaslu.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi Kembali Lakukan Rapid Test Massal

“Begitu ditetapkan, semua walpri sudah harus melakukan tugasnya. Baik itu di paslon maupun di KPU dan Bawaslu,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, saat dihubungi awak media, Kamis (24/9/2020).

Masing-masing calon akan dikawal 3 personel. Pengawalan dilakukan selama 24 jam hingga nanti pada saat pelantikan dilaksanakan.

“Untuk pasangan calon, baik calon bupati atau wakilnya akan dikawal oleh 3 orang polisi. Sedangkan untuk Ketua KPU dan Ketua Bawaslu mendapatkan 2 orang pengawal,” tegas mantan Kapolres Probolinggo tersebut.

Tidak hanya berupa pengawalan pribadi, perwira menengah dengan melati tiga di pundaknya itu mengatakan, nantinya kantor KPU dan Bawaslu Banyuwangi juga mendapatkan pengamanan secara ketat dari aparat keamanan.

Anggota yang bertugas dalam walpri ini menurut pria yang akrab disapa Arman ini, sudah melalui tahapan pelatihan khusus. Seluruh personel memiliki keterampilan khusus untuk pengamanan para calon bupati dan wakil bupati.

Dalam melakukan pengawalan ini, seluruh personel walpri juga dilengkapi dengan persenjataan. Hal itu untuk menghadapi kemungkinan situasi terburuk. "Para pengawal pribadi dari Polri ini sudah dilatih secara khusus sehingga sudah punya keterampilan khusus sebagai pengawal pribadi," pungkasnya. (ua/sp)