Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-17 19:21:38

Polresta Probolinggo Amankan Pelaku Spesialis Jambret Ponsel

RESIDIVIS: Sofyan Efendi, 21, warga Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, yang ditanyai polisi ini merupakan pelaku penjambretan sekaligus tersangka kasus pencurian kabel di pabrik PT Kertas Leces yang mangkrak.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tim Satuan Reskrim Polres Probolinggo Kota berhasil meringkus spesialis jambret telepon seluler (ponsel) pengendara sepeda motor. Sedikitnya ada empat pelaku berhasil diringkus dalam satu pekan terakhir.

Salah satu aksi jahat pelaku bermula saat korban menggunakan HP untuk melakukan belajar  melalui dalam jaringan (daring) di tepi jalan. Saat itu, korban mencari sinyal di luar ruangan. Sayangnya, korban kemudian dijambret oleh para pelaku. "Saat ini marak penjambretan HP, selama satu pekan Polres Probolinggo Kota berhasil menangkap para tersangka," terang Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Raden Muhammad Jauhari.

Baca Juga : Rampas Ponsel, Montir Motor asal Pasuruan Dibekuk Polisi

Korban yang merupakan pelajar itu bernama Devi Tri Wulandari, warga Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Korban dijambret saat berada di barat traffic light, Jalan Pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Dua pelaku, Hermanto dan Abdul Wahid, memepet korban saat parkir beelajar daring dan menjambret korban.

Baca Juga : Ponsel Milik Anak Anggota Polisi di Probolinggo Dijambret

Sementara berdasar hasil maping atau pemetaan terhadap kedua pelaku yang berasal dari Bantaran itu, akhirnya petugas melakukan patroli. Hasilnya petugas berhasil menangkap para pelaku yang merupakan residivis yang berkali-kali melakukan aksi kejahatan serupa. "Saya berharap kepada masyarakat tetap waspada dan berhati-hati. Jangan beri peluang dengan cara belajar dari di rumah didampingi orang tua. Jangan di pinggir jalan. Jangan sendirian, belajar daring bersama teman-temannya, dan saling menjaga," tegasnya.

Sementara itu, Eko Firdianto, 26, warga Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo dan Sofyan Efendi, 21, warga Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo juga terlibat aksi penjambretan. Korbannya adalah Kusdiningsing, 46, warga Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Saat itu korban diajmbret ketika bermain HP di parkiran, Kamis (6/8/2020) pukul 14.00 di Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Salah satu pelaku, Sofyan Efendi, 21, juga merupakan tersangka pencurian Kabel PT Kertas Leces dan ditahan di Polsek Leces. Sedangkan para pelaku, itu berbeda jaringan. Namun mereka merupakan para residivis semua. "Tersangka lain seperti penadah dan pelaku utama, masih kami dalami," jelasnya. (hla/hvn)