Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-09 12:00:23

Polsek Gading Amankan Mobil milik Pencuri Sapi

BARANG BUKTI: Mobil yang diduga milik pencuri sapi telah diamankan di Mapolsek Gading. Kaca belakang mobil tersebut berlubang setelah dilempar batu oleh warga yang mengejarnya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polsek Gading mengamankan satu unit mobil minibus Mitsubisi Colt Station dengan nopol N 8834 NL. Mobil berwarna silver itu diamankan usai ditinggal oleh tiga orang yang diduga pelaku pencurian sapi.

Kanit Reskrim Polsek Gading, Aipda Antono mengataka mobil tersebut sudah diamankan pada Sabtu (5/3/2022) sekira pukul 04.30 WIB, di Desa Ranuwurung, Kecamatan Gading.

Baca Juga : Ditinggal Andok Mie Dower, Motor Dicuri, Terekam CCTV

Kasus itu bermula saat seorang warga bernama Hamsuli, 53, warga Dusun Bercak Rt 06 Rw 03, Desa Prasi, Kecamatan Gading kehilangan dua ekor sapi betina warna putih berusia 11 tahun dan 2,5 tahun. Pencurian itu terjadi sekira pukul 04.30 WIB.

Baca Juga : Bekuk Spesialis Pencurian dengan Sasaran Nasabah Bank

Dari kehilangan itu, Hamsuli kemudian menginformasikan kepada keluarga dan warga sekitar. Mereka selanjutnya mencari keberadaan pelaku, yang diduga tidak jauh dari TKP. "Saat sampai di alas Desa Keben, satu sapi usia 11 tahun ditemukan," terangnya, Rabu (9/2/2022).

Setelah menemukan satu ekor sapi, warga tetap melakukan pencarian ke arah selatan. Sesampainya di Desa Ranuwurung, Kecamatan Gading, warga melihat mobil Mitsubisi Colt Station melaju cukup kencang.

Warga yang menggunakan motor langsung mengejar mobil tersebut. Aksi kejar-kejaran pun terjadi. Dari arah belakang, warga juga melemparkan batu ke arah kaca belakang mobil hingga pecah. Mobil pun berhenti. "Lalu keluar tiga orang (dari dalam mobil) yang membawa celurit dan melarikan diri," ucapnya.

Melihat tiga orang tersebut melarikan diri, warga kembali mengejarnya namun tak berhasil menemukan lokasi ketiga orang terduga pelaku.

Warga selanjutnya menghentikan pengejaran terhadap tiga orang tersebut, dan memilih mencari keberadaan sapi berusia 2,5 tahun yang belum ditemukan. Hingga akhirnya sekira pukul 13.00 WIB, warga yang dibantu pihak kepolisian menemukan sapi tersebut di jurang alas Desa Keben. "Sapi langsung diamankan dan dikembalikan ke pemiliknya," kata mantan Kanit Reskrim Polsek Paiton itu.

Sedangkan mobil yang diduga milik pelaku masih diamankan di Mapolsek Gading. (zr/don)