Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-13 16:34:29

Polsek Kraksaan Buru Sopir MPU Pencuri Penutup Drainase

BARANG BUKTI: MPU yang digunakan pelaku saat mengangkut penutup drainase telah diamankan di Mapolsek Kraksaan. Kini, kepolisian masih memburu sopir MPU tersebut yang telah mencuri menhol di depan MINU Kraksaan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kasus sopir MPU yang mencuri manhol atau tutup drainase di trotoar Jalan Panglima Sudirman, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sudah ditangani kepolisian. Polsek Kraksaan telah mengamankan MPU yang digunakan untuk mengangkut menhol. Sementara sopir MPU yang mencuri menhol masih diburu.

Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto menyampaikan bahwa pihaknya langsung merespons kejadian viral tersebut, dan didasarkan laporan warga sekitar. Menurutnya, langkah ini sesuai dengan program Presisi Polri. Dimana, apabila ada kejadian viral langsung ditangani oleh pihak kepolisian.

Baca Juga : Satreskrim Polres Jember Bekuk 2 Pencuri Sapi, Buru 2 DPO

Alhasil dari proses penyelidikan, pihaknya berhasil mengamankan MPU dengan nopol N 712 UN yang diduga digunakan oleh pelaku sebagai alat untuk mengangkut barang hasil kejahatan tersebut. Termasuk mengamankan manhol yang dicuri pelaku. "Namun, tadi malam pelaku tidak ada di tempat," katanya pada tadatodays.com, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga : Diawasi Pemilik Motor, Pelaku Curanmor Gagal Beraksi

Diketahui, MPU yang digunakan pelaku bukanlah milik pelaku, melainkan milik bosnya warga Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Alhasil MPU tersebut berhasil diamankan di rumah pemiliknya.

Selanjutnya, polisi langsung menuju rumah pelaku yang berada di Kecamatan Paiton. Namun pelaku sudah melarikan diri dan belum diketahui keberadaannya. Beruntung manhol yang dicuri berhasil diamankan oleh petugas. "Identitas pelaku sudah kami kantongi," ucap perwira dengan satu melati di pundaknya itu.

Sujianto menambahkan, sebenarnya sudah ada 58 manhol di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Kota Kraksaan milik Pemkab Probolinggo yang hilang. Karena itu, pihaknya mencurigai pelaku tersebut yang telah mencuri puluhan penutup lubang drainase itu.

Namun tetap saja pihaknya masih berupaya melakukan pengembangan, dan masih dimungkinkan ada pelaku lainnya.

Diketahui sebelumnya, aksi pencurian manhol oleh sopir MPU itu terekam CCTV milik sekolah Madrasah Ibtida’yah NU Kraksaan. Pencurian itu terjadi pada Senin (6/1/2022), sekitar pukul 04.00 WIB. Namun, rekaman CCTV tersebut baru viral pada Kamis (13/1). (zr/don)