Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-12 16:53:12

Porprov Kurang Sebulan, JSG Belum Rampung Diperbaiki

PERBAIKAN: Jember Sport Garden (JSG) yang akan menjadi salah satu venue Porprov Jatim 2022, kini masih dalam proses perbaikan. Ada kekhawatiran perbaikan JSG tidak kelar tepat waktu.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Komisi D DPRD Jember pada Kamis (12/5/2022) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jember. Agenda pembahasannya ialah persiapan Jember sebagai tuan rumah Porprov Jatim 2022. Dalam RDP ini terungkap adanya venue yang masih dalam proses perbaikan.

Komisi D mempertanyakan kesiapan Jember selaku tuan rumah, sekaligus peserta Porprov Jatim 2022. Sebab, ada banyak yang harus disiapkan, seperti fasilitas, keamanan dan kesiapan atlet.

Baca Juga : Uang Saku Atlet Jember yang Berlaga di Porprov VII Dipastikan Tuntas

Sekretaris Dispora Jember Bambang Cahyo Wibowo menyatakan, pihaknya tengah mempersiapkan sarana prasarana. Meliputi makan, hotel, kendaraan, dan kaos yang nantinya akan digunakan oleh atlet dan official.

Baca Juga : Terkendala Administrasi, Uang Saku Sebagian Atlet Jember di Porprov Belum Cair

Terkait kesiapan atlet Jember sebagai tuan rumah, Bambang menyebut hal tersebut telah ditangani oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Jember. "Untuk kesiapan atlet dihandle oleh KONI," katanya.  

Sedangkan Dinas PU Cipta Karya memiliki tugas mempersiapkan sarana yang akan digunakan pertandingan 18 cabang olahraga. Di antaranya ialah Jember Sport Garden (JSG), GOR PKPSO, GOR Argopuro, dan Lapangan Notohadinegoro.

KOORDINASI: Rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Jember dengan Dispora membahas persiapan Jember sebagai tuan rumah Porprov Jatim 2022.

Namun untuk saat ini, kesiapan JSG masih perlu mendapat perhatian khusus. Sebab, masih harus ada perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan.  "Untuk JSG perlu perhatian khusus, karena ada 3 cabor yang akan bertanding dan satu acara seremonial. Jadi butuh persiapan yang jelas dan tepat waktu," kata Bambang.

Bambang menambahkan, jika JSG proses perbaikannya tidak tepat waktu, maka akan berdampak pada kegiatan Porprov tersebut. "Saya tidak tahu persis, untuk progres Cipta Karya. Saya hanya khawatir terkait proses pengerjaannya. Terlebih acaranya akan dimulai kurang lebih 30 hari lagi," ungkapnya.

Menurut Bambang, ada 2 bagian aspal pada sisi utara dan selatan yang harus digali dan digantikan dengan grovel. Lalu untuk lintasan atletik keliling juga harus menggunakan material sintetis. "Jika grovel belum selesai, maka lintasan atletik juga tidak bisa dipasang. Hal inilah yang mengkhawatrikan," ujarnya.

Sementara, anggota Komisi D DPRD Jember Ardi Pujo Prabowo minta kepada Dispora dan OPD lain untuk betul-betul mempersiapkan Jember sebagai tuan rumah Porprov Jatim 2022. "Terkait persiapan venue yang belum maksimal, DPRD Jember akan memanggil Cipta Karya dan rekanan. Selain itu, kami berharap akhir Mei harus sudah rampung," katanya. 

Ardi Pujo kemudian menyatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sidak dan  berkomunikasi dengan Komisi A sebagai mitra Cipta Karya. (bp/why)