Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-09 09:22:15

PPKM Level 2, Destinasi Wisata di Kabupaten Probolinggo Buka 9 September

SAMBUT WISATAWAN: Wisata Gunung Bromo dan 13 destinasi wisata lain di Kabupaten Probolinggo resmi dibuka per Kamis, 9 September 2021. Kabar tersebut disambut gembira oleh wisatawan dan pelaku wisata, setelah Kabupaten Probolinggo masuk PPKM level 2.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kabupaten Probolinggo kini telah masuk level 2 dalam Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Di level 2 itu, ada beberapa perubahan kebijakan. Salah satunya dibukanya destinasi wisata mulai Kamis, 9 September 2021. 

Untuk itu, Pemkab Probolinggo telah menyiapkan 14 destinasi wisata favorit yang bakal dibuka pada Kamis ini.

Baca Juga : PPKM Level 2, Destinasi Wisata di Kabupaten Probolinggo Dibuka 9 September

Hal itu diungkapkan oleh Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko saat menggelar pers rilis di Pendapa Prasadja Ngesti Wibawa, Rabu (8/9), sekira pukul 16.00 WIB. Ia mengatakan pembukaan destinasi wisata itu bertujuan untuk relaksasi dalam segi sosial dan ekonomi.

Baca Juga : Level 2, Destinasi Wisata di Kabupaten Probolinggo Buka 9 September

Tapi, Timbul mengingatkan agar masyarakat jangan larut dalam euforia dengan dibukanya tempat wisata. Menurutnya, ancaman serangan covid-19 varian baru masih ada. "Tetap ingat 4 mata tombak dalam melawan pandemi covid-19, yaitu protokol kesehatan dengan 5 M," ucapnya.

Oleh karena itu, pembukaan tempat wisata tetap harus sesuai dengan ketentuan dan persyaratan PPKM Level 2. Yakni, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas area wisata.

Ditanyakan, bagaimana jika Kabupaten Probolinggo Kembali masuk level 3 atau bahkan ke level 4, Timbul meminta masyarakat untuk bersama-sama mencegah agar tidak kembali ke level tersebut. “Jika naik (level 3), otomatis wisata ditutup lagi," ujararnya.

Sementara terkait pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata selama, setelah level 2, Timbul mengaku akan fokus dahulu terhadap pembukaan wisata. "Bertahap, baru nanti ke PAD," ujarnya. (ang/don)