Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-11 12:11:06

Pria Wangkal yang Mengaku Nabi, Dibawa ke RS Jiwa

DIRAWAT: Nanang Zainudin yang mengaku nabi, dalam perawatan di Rumah Sakit Jiwa Lawang, Malang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga Kabupaten Probolinggo dihebohkan oleh Nanang Zainudin, warga Dusun Kramat, Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, dalam unggahan di akun facebook-nya, pria 34 tahun itu mengaku sebagai nabi. Ternyata Nanang mengalami gangguan kejiwaan. 

Dalam unggahannya, Nanang berulang kali mengaku bahwa dirinya adalah nabi. Ia kerap mengunggah tulisan tentang ketauhidan dan filsafat, termasuk mengiming-imingi orang untuk ikut dengannya agar masuk surga.

POSTINGAN: Salah satu postingan Nanang Zainudin di FB

Sosok Nanang kemudian menjadi atensi Polres Probolinggo. Dari penyelidikan yang dilakukan, didapati informasi bahwa Nanang ternyata mengalami gangguan kejiwaan. Menurut Kapolres Probolinggo, berdasar informasi yang diperolehnya, Nanang mengalami sakit jiwa sejak 2014. Yang bersangkutan sudah pernah menjalani pengobatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang - Malang.

Karenanya, Kapolres kemudian mengutus Kapolsek Gading bersama Kasat Intelkam untuk berkoordinasi dengan instansi terkait. Termasuk kepada pihak keluarga agar bisa membawa yang bersangkutan berobat kembali. Nanang akhirnya dibawa ke RS Jiwa Lawang. “Sudah dibawa pada Jumat (10/9) kemarin," kata Kapolres, Sabtu (11/6/2022).

Menurut Kapolres, pihaknya berpesan kepada keluarga agar Nanang benar-benar menjalani perawatan di RSJ hingga tuntas. Dengan begitu, kejadian serupa tidak terulang kembali. "Demi kondusifitas di lingkungan setempat," kata AKBP Arsya. (zr/why)