Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-10 16:35:02

Program J-Berteman Akan Serap Ribuan Tenaga Kerja Lulusan SD-SMA

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bagi anda warga asli Jember yang belum mendapatkan kerja, tahun depan akan menjadi tahun yang membahagiakan. Sebab, Pemkab Jember akan melakukan open rekrutmen besar-besaran, khusus untuk lulusan SD hingga SMA.

Program yang hampir serupa dengan program padat karya itu menjadi program prioritas Pemkab Jember yang dituangkan dalam R-APBD tahun anggaran 2023. "Jadi nanti kita rekrut sekitar 5.000-7.000 orang secara bertahap untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA, maksimal usai 45 tahun," kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Sabtu (10/8/2022).

Baca Juga : Bupati Jember Izin ke Singapura untuk Cek Kesehatan

Hendy menuturkan program rekrutmen tenaga kerja tersebut diberi nama "J-Berteman". Berteman merupakan akronim dari bersih, terang, dan aman. Mereka yang direkrut sebagai tenaga kerja J-Berteman nantinya akan dilibatkan sebagai petugas kebersihan dan keamanan di sejumlah titik fasilitas umum milik Pemkab Jember.

Baca Juga : Hadiri Dies Natalis SMKN 2 Jember, Bupati Kenang Korban Kekerasan Pelajar

Hendy mengaku, penuntasan persoalan pengangguran merupakan salah satu misinya saat mendapat amanat sebagai kepala daerah. Untuk itu, melalui program tersebut, dengan syarat yang relatif ringan, pihaknya berharap dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Jember.

Terkait besarnya gaji yang akan diterima, Hendy mengatakan akan disesuaikan dengan postur anggaran yang disepakati pada APBD tahun 2023. Namun demikian pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 1,5 juta perbulan untuk setiap pekerja. "Gajinya mungkin kita sesuaikan dengan kemampuan, mungkin sekitar Rp 1,5 juta," katanya. (*/as/why)