Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-22 21:36:28

Puluhan Pemuda Balap Liar Kabur Sebelum Polisi Datang

MERESAHKAN: Dalam rekaman kamera CCTV milik warga, puluhan pemuda terlihat bersiap melakukan balap liar di Jalan KH Hasan Genggong, Kelurahan Sukoharjo, Kota Probolinggo. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sejumlah pemuda menggelar balap liar di Jl. KH. Hasan Genggong, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, dan membuat warga  setempat resah. Tapi setelah petugas datang, aksi balap liar berknalpot brong itupun bubar.

Balap liar itu dilakukan menjelang sahur, Kamis (22/4/2021), di dekat kantor Kelurahan Sukoharjo. Tak ayal, aksi yang terekam kamera CCTV milik warga setempat itu membuat jalanan yang banyak dilalui truk jadi macet.

Baca Juga : Unik, Warga Jember Bangunkan Sahur dengan Kesenian Reog Ponorogo

Tokoh Masyarakat sekitar, Asad Anshari mengatakan, balap liar sangat membahayakan orang lain dan diri sendiri, serta mengganggu warga yang sedang istirahat.

Baca Juga : Ngabuburit, Pemuda Ini Dicelurit dan Motor Raib

Menurutnya, daripada menggalar balapan di jalanan umum, sebaiknya dibangun arena balapan. "Kalau bisa diwadahi dan mengadakan event," katanya.

Dengan adanya balapan di jalanan, masyarakat juga harus mempunyai keberanian untuk melaporkan ke pihak kepolisian agar polisi bisa patroli ke tempat-tempat balap liar.

Sementara, Lurah Sukoharjo Erwin Kushermanto, membenarkan adanya balap liar di bulan ramadan. Untuk mengantisipasinya, ia sudah berkoordinasi dengan 3 pilar tingkat kelurahan.

Akan tetapi, pihaknya belum mengambil langkah tegas terkait adanya balap liar. Ia masih melihat kondisi di lapangan apakah diulangi lagi atau tidak di kemudian hari. "Ini kita lihat kondisi besok pagi," katanya.

Terpisah, Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah mengatakan, anggotanya sudah datang ke lokasi. Namun tak satupun yang berhasil diamankan, sebab puluhan remaja telah kabur. "Mereka mengetahui kedatangan kami, sebelum dilokasi," ujarnya. (ang/don)