Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-25 23:06:09

Puluhan Perupa Jawa Timur Pamerkan Karya dalam Pameran Bertajuk Pagebluk

DIPAJANG: Ratusan karya lukis dari perupa Jawa Timur maupun undangan perupa nasional, menghiasi lantai 3 Johar Plasa Matahari mal Jember. Tempat digelarnya pameran lukisan bertajuk Pagebluk oleh DKJT.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) menggelar pameran seni rupa pagebluk bertema “Art In The Age Of Covid-19 To Give Hope, to Inform, to Inspire” di lantai 3 Johar Plasa Matahari mal Jember. Pameran ini menghadirkan karya lukis dengan berbagai macam ukuran maupun jenis teknik pelukisan.

Pada pameran kali ini, DKJT melibatkan sebanyak 30 seniman lokal yang berasal dari tapal kuda (Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi,red). Tak hanya itu, DKJT juga mengundang puluhan seniman nasional untuk memamerkan hasil karyanya.

Baca Juga : Cerita Agus Supriyadi, Seniman Jember yang Ubah Akar Kayu Jadi Karya Seni

Kabupaten Jember sengaja dipilih sebagai lokasi pameran lantaran Jember yang bersedia dan siap menjadi tuan rumah. Letak geografis kabupaten Jember yang berada di tengah area tapal kuda, juga menjadi pertimbangan karena dinilai strategis.

Baca Juga : Tak Punya Ruang untuk Pameran Lukisan, Berharap Perhatian Pemkab Jember

Dengan adanya pameran ini, DKJT berharap seniman lokal lebih dikenal dan karya karyanya bisa dinikmati lebih banyak orang. Jeferi Gunawan organizing commite dari DKJT pada tadatodays.com mengatakan, selain terdapat 60 karya yang dipamerkan, panitia juga mengadakan lukis on the spot dan bedah karya dari para seniman.

“Setiap harinya kami ada lukis live, bagaimana proses pelukisan yang baik dan ada bedah karya. Bagaimana proses pengkaryaan yang baik itu dilakukankan oleh maestro perupa,” katanya.

Pameran seni rupa yang dibuka langsung oleh Ketua DKJT Taufik Monyong pada Sabtu (22/8/2020), rencananya akan digelar hingga Kamis (27/8/2020). Pengunjung dapat menikmati pameran setiap hari di jam kerja secara gratis. (as/sp)