Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-27 16:09:51

Puluhan Relawan Banyuwangi Diterjunkan Bantu Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

PERLINTASAN: Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat berbincang dengan seorang petugas palang pintu perlintasan KA di Desa Lugjag, Kecamatan Rogojampi. Di momen lebaran tahun ini, Pemkab Banyuwangi merekrut relawan untuk menjaga perlintasan KA tanpa palang pintu.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Puluhan relawan direkrut oleh Pemkab Banyuwangi untuk membantu mengatur arus lalu lintas di sekitar perlintasan Kerta Api (KA) tanpa palang pintu di Kabupaten Banyuwangi. Hal itu dikatakan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat mengecek jalur perlintasan KA, Rabu (27/4/2022).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, perekrutan relawan itu untuk membantu petugas PT KAI. Dengan begitu, kehadiran relawan dapat mengantisipasi kecelakaan yang selama ini sering terjadi. “Saat lebaran pastinya arus lalu lintas semakin padat, maka upaya pengamanan juga harus kita tingkatkan. Termasuk di titik-titik rawan seperti perlintasan KA tanpa palang pintu yang memang sangat berisiko terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Baca Juga : Jumlah Penumpang KA di Wilayah Daop 9 Jember Mulai Naik

Ipuk menuturkan, para relawan iklas bertugas di saat seharusnya mereka berkumpul dengan keluarga di momen lebaran.

Baca Juga : Aturan Baru, Naik Kereta Api Wajib Telah Divaksin Booster

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi Dwiyanto mengatakan, para relawan tersebut akan disebar untuk menjaga arus lalu lintas di titik perlintasan yang ramai dilewati pengendara.

Relawan tersebut, kata Dwiyanto, adalah warga yang berdomisili di sekitar perlintasan kereta. Di setiap titik dilakukan penjagaan selama 24 jam selama arus mudik. "Mereka dilatih langsung oleh PT. KAI, sehingga sudah tahu tata cara pengamanannya,” katanya.

Selain merekrut relawan penjaga perlintasan kereta api, Pemkab Banyuwangi juga tengah mengebut perbaikan jalan rusak. Tidak hanya penambalan jalan berlubang, pemeliharaan jembatan dan drainase juga dilakukan. (rl/don)