Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-13 20:37:51

Puluhan Relawan Demokrasi Siap Sosialisasikan Pilkada Serentak

BIMTEK: Puluhan calon relawan demokrasi di Banyuwangi mendapat pengarahan sebelum terjun ke lapangan untuk turut serta mensosialisasikan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - KPU Banyuwangi gerakkan sejumlah Relawan Demokrasi (Relasi) untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Serentak Lanjutan 2020. Tercatat, ada 30 relasi yang dilibatkan.

“Mereka itu yang nantinya terjun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih di 10 basis,” terang Dian Purnawan, Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga : Kurang Peminat, Bawaslu Banyuwangi Perpanjang Pendaftaran Pengawas TPS

Dian -sapaan akrabnya- merinci 10 basis yang harus dijangkau. Meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, disabilitas, komunitas, keagamaan, marjinal, perempuan, warganet, dan berkebutuhan khusus.

Baca Juga : Laporan Rokok Ilegal Bisa Lewat Aplikasi Siroleg

“Jadi, nanti setiap basis akan diisi oleh 3 orang relawan. Dengan masa tugas hingga akhir November,” katanya di depan awak media setelah melakukan bimbingan teknis (bimtek) pada para relawan.

Tentunya dengan hadirnya Relasi ini, diharapkan dapat membantu KPU untuk mencapai target partisipasi masyarakat dalam melakukan pemilihan. Diketahui, KPU RI menargetkan partisipasi pemilih minimal 77,5 persen.

Pihaknya menjelaskan, pelaksanaan tugas Relawan Demokrasi saat ini akan sedikit berbeda dari pemilihan sebelumnya. Mengingat Pilkada saat ini dilaksanakan di tengah masa pandemi covid-19. “Bedanya hanya jumlah massa yang dibatasi maksimal 50 orang,” pungkasnya. (ua/sp)