Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-23 20:40:45

Puskesmas Curahtulis Sosialisasikan Aksi Peduli Sanitasi di Sekolah Terintegrasi dengan Vaksinasi wali murid dan Masyarakat sekitar

EDUKASI DINI: Petugas Puskesmas Curah Tulis memberikan pengetahuan tentang bagaiman sanitsi dan pemilahan sampah yang benar, kepada pelajar SDN Tongas Kulon.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, terus berupaya menggelorakan semangat hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Salah satunya melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Seperti yang dilaksanakan oleh Puskesmas Curahtulis, Kecamatan Tongas. Selama sepekan mulai 20 sampai 25 September 2021, Puskesmas Curahtulis menggelar aksi peduli sanitasi di SDN Tongas Kulon.

Melalui kegiatan Germas, Puskesmas Curah Tulis sekaligus menggelar sosialisasi mengenai vaksinasi dan germas terintegrasi dengan vaksinasi. Kegiatan yang diikuti oleh remaja, ibu hamil, masyarakat umum dan lansia ini digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga : Germas Puskesmas Besuk Fokus pada Kesehatan Lanjut Usia

"Para siswa diajak untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran, kepedulian tentang sanitasi. Pada kampanye ini, para siswa diberikan edukasi tentang pengelolaan sampah. Kemudian siswa dan siswi diajarkan cara memilah sampah organik, anorganik dan sampah B3. Pemilahan sampah ini menggunakan objek jenis sampah dan tempat sampah yang merupakan hasil daur ulang (reuse)," kata drg. Vike Mei Diastutik, selaku Kepala Puskesmas Curah Tulis.

Baca Juga : Germas Puskesmas Besuk Fokus Kesehatan Lanjut Usia

VAKSINASI: Puskesmas Curah Tulis juga memberikan layanan vaksinasi Covid-19 kepada wali murid SDN Tongas Kulon. Dari data petugas, capaian vaksinasi di Desa Tongas Kulon masih rendah.

Dalam kegiatan ini, Puskesmas Curah Tulis juga membuka pos pemeriksaan untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular (PTM). "Ada pemeriksaan tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut. Ada juga pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan kolesterol dan gula darah untuk wali murid SDN Tongas Kulon khususnya yang belum divaksin," ujar drg. Vike.

Menurutnya, pemeriksaan atau deteksi dini PTM sangat penting. Yakni, untuk menemukan lebih awal kemungkinan-kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular atau memiliki faktor risiko.

Selain menggelar kegiatan aksi peduli sanitasi, dan membuka pos pemeriksaan PTM, Germas ini juga digelar vaksinasi Covid-19. Sebab, capaian vaksinasi di Desa Tongas Kulon masih rendah. "Kami melakukan vaksinasi untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19," kata drg. Vike.

Kepala Puskesmas Curah Tulis ini menambahkan bahwa, melalui kegiatan Germas terintegrasi dengan vaksinasi Covid-19 ini capaian vaksinasi bisa meningkat, sehingga pandemi segera berakhir. "Kami berharap pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19 ini lebih meningkat. Sasaran vaksinasi bisa mencapai target," tutur drg. Vike. (mel/don)