Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-08 19:36:24

Puskesmas Glagah Galakkan Aktivitas Fisik, Rutin Senam Seminggu Sekali

SENAM SEHAT: Sepekan sekali Puskesmas Glagah menggelar senam sehat bersama Forkopimka dan masyarakat. kegiatan tersebut dilakukan berpindah. Setiap desa mendapat jatah untuk menjadi tuan rumah senam.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Olahraga menjadi salah satu cara untuk menyehatkan badan. Terlebih saat situasi pandemi covid-19, di mana masyarakat dituntut memiliki imun yang tinggi. Hal itulah yang dilakukan Puskesmas Glagah dengan memfasilitasi pelaksanaan senam bagi masyarakat dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Germas kami tonjolkan kegiatan fisik. Kami rutin tiap Jumat pagi senam kesegaran jasmani, total sekitar 12 kali. Terutama bagi kami dan warga yang setiap harinya full bekerja dan tidak punya waktu berolahraga. Dengan menyisihkan waktu di hari Jumat, harapannya tetap bugar,” terang Kepala Puskesmas Glagah, Totok Heryadi.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Kembali Aktif

Pelaksanaan senam dipandu instruktur dan diikuti oleh camat, danramil, kapolsek, kepala desa, penjabat kepala desa, serta perangkat masing-masing pemerintah desa. Total ada sekitar 60 peserta yang hadir. Lokasinya pun berpindah-pindah. Baik di halaman kecamatan, kantor desa, hingga puskesmas.

Baca Juga : Hendak Mengevakuasi Sarang Tawon, Eh, Petugas Damkar Malah Tersengat

SOSIALISASI: Kader kesehatan di Puskesmas Glagah mengkampanyekan pentingnya hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan melaksanakan senam, minimal sepekan sekali.

“Desa-desa sudah selesai digelar semua. Puskesmas Glagah memiliki wilayah binaan tujuh desa. Tujuh desa sudah kami datangi untuk senam. Khusus di desa, kami mengajak perangkat desa dan kader posyandu, sekaligus masyarakat sekitar lokasi. Setiap pelaksanaan diikuti lebih dari 30 orang,” tuturnya.

Saat senam di desa-desa, pihak puskesas juga membuka pos pelayanan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi dibuka usai senam. Selain pelayanan vaksinasi, puskesmas juga memberikan penyuluhan Kesehatan. Mulai tentang vaksinasi, covid-19, hingga antisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD) mendekati musim hujan.

Pria yang juga merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Puskesmas Pakuniran ini berharap, masyarakat rutin melakukan aktivitas fisik selama pandemic. Baik senam maupun berjemur. Aktivitas sehari-hari seperti menyapu halaman maupun  bersih-bersih di rumah, penting dilakukan karena merupakan bagian aktivitas fisik. (*/hla/sp)