Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-22 19:08:55

Puskesmas Kotaanyar Gelar Gebyar Germas, Masyarakat Antusias

CHECK UP: Pemeriksaan kesehatan secara gratis diberikan oleh Puskesmas Kotaanyar, dalam kegiatan Gebyar Germas 2021. Melalui kegiatan tersebut, Puskesmas Kotaanyar beharap kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Puskesmas Kotaanyar menggelar kegiatan “Gebyar Germas”, Senin (22/11/2021) di Kantor Desa Talkandang, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat sadar akan kesehatannya. Dalam Gebyar Germas, Puskesmas Kotaanyar melayani pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Kepala Puskesmas Kotaanyar, Laifakhatun Azkiyah mengatakan Gebyar Germas ini merupakan agenda tahunan dalam program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Selama tahun 2021 ini, pihaknya sudah menggelar di dua desa. Pertama di Desa Tambak Ukir, yang digelar pada Mei lalu. "Hari ini di Desa Talkandang," terangnya pada tadatodays.com, saat ditemui di lokasi acara.

Baca Juga : Germas Puskesmas Besuk Fokus pada Kesehatan Lanjut Usia

Pemilihan kedua desa tersebut bukan tanpa alasan. Menurut wanita yang karib disapa Azkiyah ini, dua desa tersebut capaian vaksinasinya paling sedikit di antara desa lainnya. Sehingga melalui kolaborasi kegiatan, diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan memeriksakan kesehatannya.

Baca Juga : Germas Puskesmas Besuk Fokus Kesehatan Lanjut Usia

BANTUAN: Perekonomian warga yang anjlok karena pandemi, juga jadi perhatian Puskesmas Kotaanyar. Karena itu, warga yang mengikuti kegiatan Gebyar Germas juga mendapatkan sembako gratis.

Dan, itu cukup terbukti. Setelah melakukan kegiatan Gebyar Germas di Tambak Ukir, Mei lalu, antusias masyarakat untuk vaksin semakin meningkat. “Sehingga cara itu diterapkan di Desa Talkandang,” ujarnya.

Selama kegiatan Germas berlangsung, Puskesmas Kotaanyar juga menggelar senam bersama untuk peregangan otot. Kemudian dilanjut dengan mengukur tinggi, berat dan lingkar badan. Selanjutnya, memeriksa gula darah, kolesterol, dan pemeriksaan asam urat.

Agar masyarakat enjoy, Puskesmas Kotaanyar juga menghadirkan musik elekton untuk menghibur masyarakat yang memeriksakan diri di lokasi tersebut.

BUGAR: Nah, agar tubuh tetap bugar, senam sehat dilakukan dalam kegiatan Gebyar Germas 2021 gelaran Puskesmas Kotaanyar.

Hebatnya lagi, kegiatan tersebut sama sekali tidak mengundang kerumunan. Warga tetap mematuhi prokes dan langsung pulang setelah diperiksa. "Kami juga berikan bingkisan sembako dan makanan bergizi lainnya," ucapnya.

Azkiyah mengaku, selain kegiatan tahunan ini, pihaknya juga melakukan Germas rutin di setiap desa se Kecamatan Kotaanyar. Namun kegiatan rutin itu lebih pada aktifitas fisik, seperti senam, pemeriksaan tensi darah, mengukur tinggi dan berat badan.

Germas yang terus berjalan di masa pandemi itu bertujuan agar bisa mendeteksi penyakit tidak menular yang diderita masyarakat. "Juga bisa konsultasi tentang penyakitnya," katanya.

Ia berharap kegiatan Germas dapat memancing masyarakat untuk peduli dengan kesehatannya. Sehingga dengan sadar mampu memeriksakan kesehatannya sendiri di puskesmas atau rumah sakit terdekat. (zr/don)