Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-01 11:13:51

Puskesmas Krejengan Gelar Gebyar Germas, Layani Vaksinasi dan Pemeriksaan Gratis

SEHAT RAGA: Senam sehat bersama pihak kecamatan, kepolisian dan kader menjadi salah satu kegiatan Gebyar Germas yang diselenggarakan oleh Puskesmas Krejengan. Dengan begitu, target Puskesmas Krejengan untuk menyehatkan raga masyarakat bisa terwujud.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Untuk menjaga kesehatan masyarakat di wilayahnya, Puskesmas Krejengan terus menjalankan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pada Sabtu (20/11/2021), Puskesmas Krejengan menggelar Gebyar Germas di lapangan SDN Krejengan.

Kegiatan tahunan itu dikemas dengan agenda senam bersama, jalan santai. Kemudian pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah. Sebelum semua agenda dimulai, terlebih dulu kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Camat Krejengan Taufiq.

Baca Juga : Posbindu PTM dan Senam, Cara Puskesmas Wangkal Menyehatkan Warga

Kepala Puskesmas Krejengan, drg. Siti Maisaroh menyampaikan kalau Gebyar Germas tersebut diikuti oleh beberapa unsur. Meliputi pihak kecamatan, kepolisian dan pihak koramil setempat. Juga perwakilan kader di 17 desa se Kecamatan Krejengan, perwakilan guru setempat, perwakilan perangkat desa dan beberapa masyarakat sekitar.

Baca Juga : Posbindu PTM dan Senam, Cara Puskesmas Wangkal Sehatkan Warga

SINERGI: Petugas kepolisian dari Polsek Krejengan memanfaatkan cek kesehatan gratis yang dilakukan petugas Puskesmas Krejengan dalam kegiatan Gebyar Germas.

Perempuan yang karib disapa dokter Maisaroh ini mengatakan, kegiatan tersebut hanya dihadiri perwakilan karena saat ini masih pandemi. "Agar tidak berkerumun," terangnya, Senin (29/11/2021).

Selain melakukan pemeriksaan terhadap penyakit tidak menular, kegiatan Gebyar Germas gelaran Puskesmas Krejengan ini juga membuka gerai vaksinasi. Sehingga masyarakat dapat tervaksin, sekaligus bonus pemeriksaan gratis.

Maisaroh menjelaskan jika kegiatan Germas tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Dimulai dari melakukan pemeriksaan kondisi tubuh. “Agar jika ditemukan penyakit bisa diobati sejak dini,” katanya.

Termasuk pentingnya menjaga protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini, dan melakukan vaksinasi agar mempunyai kekebalan tubuh yang baik. "Supaya masyarakat sadar akan kesehatan sendiri," tuturnya.

IKHTIAR: Seluruh tenaga kesehatan Puskesmas Krejengan berikhtiar untuk terus menjalankan kegiatan Germas setiap tahunnya. Melalui kegiatan Germas, Puskesmas Krejengan berharap agar masyarakat di Kecamatan Krejengan tetap menjalankan pola hidup sehat.

Gebyar Germas oleh Puskesmas Krejengan hanya dilakukan setahun sekali. Sementara kegiatan Germas dengan turun langsung ke masyarakat, seperti posbindu dan posyandu tetap terus dilakukan oleh Puskesmas Krejengan.

Hanya saja di masa pandemi, Puskesmas Krejengan terkendala larangan berkerumun saat menggelar kegiatan. "Setelah kita zona hijau, baru ada pelaksanaan dengan prokes ketat," ujarnya, saat ditemui di ruangan kerjanya.

Ia berharap dengan kegiatan Germas ini, masyarakat bisa sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Terutama di masa pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Minimal 3 M , yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Serta tidak lupa untuk melakukan vaksinasi. (zr/don)