Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-04 19:43:56

Ranupani di proyeksikan Jadi Embrio Pengelolaan Wisata dan Lingkungan

PROYEKSI : Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan untuk menjadikan Ranupani sebagai embrio pengelolaan wisata dan pengelolaan lingkungan di Kabupaten Lumajang.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan untuk menjadikan Ranupani sebagai embrio pengelolaan wisata dan pengelolaan lingkungan di Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul dalam kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pembangunan Strategis Yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pemanfaatan Dan Pembangunan Jalan Di Kawasan TNBTS antara Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger semeru dengan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Lumajang, di Aula terbuka Resort TNBTS Ranupani, Sabtu (3/10/2020).

"Pemerintah Kabupaten Lumajang berkeinginan menjadikan Ranupani sebagai kawasan yang tidak hanya menjadi embrio pengelolaan wisata, tapi pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, harapan kami Ranupani ke depan bisa tertata," ujar Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq tersebut.

Baca Juga : Setahun Ditutup, Gunung Semeru bakal Dibuka Awal Oktober

Untuk itu, Bupati yang hadir bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengatakan pihaknya telah menjalin sinergitas dengan Balai TNBTS, termasuk zona pemanfaatan, pengembangan kawasan Ranupani - Ranu Regulo.

Baca Juga : Kuota Kunjungan Wisata Alam TNBTS Ditambah 40 Persen

Dalam acara itu juga diserahkan bantuan usaha ekonomi masyarakat penyangga kawasan TNBTS oleh Direktur Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik indonesia, Ir. Wiratno

Sementara, Dirjen KSDAE Kementrian LHK RI, Ir. Wiratno mengatakan pihaknya akan mendukung program Pemerintah Daerah dalam mengembangkan potensi daerah utamanya dalam pengembangan pengelolaan Ranupani dan TNBTS.

"Tentu kerja cepat dan tepat agar memberikan manfaat, kita coba upayakan bersama agar menjadikan sistem pendakian yang zero mistake, zero accident, kita dukung program-program pemerintah," pungkasnya. Selain itu, Wiratno berharap seluruh pengelolaan Taman Nasional memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar. (mm/sp)