Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-03 13:44:49

Rapid Test Antigen di 7 Kecamatan Dimulai Pekan Depan

MASAL: Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo mulai melakukan rapid test antigen secara masal di kecamatan berisiko tinggi penularan Virus Corona.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pelaksanaan rapid test antigen di 7 kecamatan berzona merah Covid-19 yang telah direncakan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, akan dilaksanakan secara serentak pada Senin (11/01/2021) pecan depan. Jadwal tersebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo.

Dewi Vironica,  juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19  Kabupaten Probolinggo mengatakan, jadwal tersebut sudah ditentukan oleh Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo, Shodiq Tjahjono. “Mungkin bisa maju," kata Dewi, Minggu (3/01/2021).

Baca Juga : Mulanya Menolak Tes Antigen, Kades Ini Akhirnya Luluh

Dewi menyampaikan, jadwal tersebut tidak berlaku mutlak bagi masing-masing kecamatan yang hendak melakukan rapid test antigen secara masal itu.

Baca Juga : Respons Warga Probolinggo Soal Vaksinasi, Sebagian Menolak, Sebagian Siap

Menurutnya, para petugas di kecamatan zona merah itu dipersilahkan jika ingin mendahului jadwal pelaksanaan rapid test antigen Dengan catatan, semua alat yang diperlukan ataupun para petugas medis yang hendak melakukan pemeriksaan sudah siap. "Ada satu dua puskesmas yang sudah ready (siap, red), baik petugas dan laboratoriumnya," jelasnya.

Ia mengaku saat ini semua puskesmas sudah menerima alat rapid test antigen yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Dimana, masing-masing puskesmas di zona merah itu sudah tersedia 1000 rapid tes antigen.

Sedangkan puskemas lainnya, masing-masing puskesmas sudah tersedia 100 rapid tes antigen. "Kita ingin mereka semua mematuhi protokol kesehatan," tandas dokter yang karib disapa Vironica ini.

Seperti diketahui sebelumnya, tujuh kecamatan zona merah itu yakni Kecamatan Paiton, Kraksaan, Pajarakan, Gending, Dringu, Sumberasih dan Kecamatan Leces. Sasaran utama tes itu yakni, pedagang pasar, petugas di tempat keramaian, petugas faskes dan perkantoran, riwayat mengikuti acara bersama yang dihadiri banyak orang, kawasan perumahan padat dan kumuh, serta kontak erat. (zr/don)