Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-17 17:03:11

Ratusan Pendaki Upacara Bendera di Puncak Gunung Ranti Banyuwangi

MERAH PUTIH: Upacara bendera di Gunung Ranti Banyuwangi dilakukan oleh para pendaki, tepat di hari peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Rabu (17/8/2022).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Gunung Raung masih ditutup untuk para pendaki. Tetapi tidak dengan Gunung Ranti. Maka, di momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Rabu (17/8/2022), ratusan pendaki dari berbagai wilayah di Indonesia berkumpul melakukan pengibaran bendera di Gunung Ranti, Banyuwangi. 

Upacara bendera di puncak Gunung Ranti dimulai Pukul 09.00 WIB.  Ketua Panitia Pendakian Gunung Ranti Irjik Abror mengatakan, kegiatan ini dilangsungkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke -77 sekaligus sebagai bentuk cinta kasih kepada alam. Menurutnya, kegiatan seperti ini baru kali pertama dilakukan di Gunung Ranti.

Baca Juga : Ajak Masyarakat Sambut Gembira Peringatan Kemerdekaan RI ke-77, Pemkab Probolinggo Menggelar Pawai Budaya

Adapun pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. "Para pendaki bukan hanya dari Banyuwangi, tapi juga dari sejumlah daerah seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, Surabaya bahkan tadi ada dari Kalimantan," ungkap Irjik. 

Baca Juga : Ajak Masyarakat Sambut Gembira Peringatan Kemerdekaan RI ke-77, Pemkab Probolinggo Gelar Pawai Budaya

Sebelum melakukan pendakian, para pendaki yang datang dari berbagai daerah berkumpul di Paltuding atau pos berkumpul para pendaki. Di situ dilakukan pendataan dan pembagian kloter pendakian Ranti. "Kami bagi jadi 2 kloter. Untuk kloter pertama berangkat mendaki pukul 03.00 WIB. Sedangkan Kloter 2 berangkat pukul 04.00 WIB," jelasnya. 

Menurut Irjik, medan Gunung Ranti cukup ekstrem. Jalurnya berpasir dan dipenuhi lumpur. Medan seperti ini tentu menguras stamina para pendaki yang menuju ke puncak. "Jalurnya cukup ekstrem. Tapi alhamdulilah berjalan lancer, tidak ada halangan apapun, sehingga kami berhasil menggelar upacara bendera," katanya. 

Gunung Ranti yang memiliki ketinggian 2.601 mdpl, berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso. Gunung ini memiliki pesona keindahan alami, sampai-sampai para pendaki menjulukinya “Negeri di Atas Awan”.

Dinul Mauludin, 22, salah satu pendaki asal Banyuwangi mengatakan sangat senang melihat keindahan Gunung Ranti. Ini menjadi pengalaman pertamanya mengikuti upacara bendera di gunung. "Ya Upacara bendera di Gunung Ranti baru pertama kali saya rasakan. Ini sungguh menarik, apalagi melihat keindahan alam disini," ujarnya. (rl/why)