Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-17 17:40:29

Rekapitulasi Suara Pilkades Rampung, Pendukung Cukur Gundul

GEMBIRA: Seorang warga menggunduli kepalanya usai calon yang didukungnya di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, menang di Pilkades serentak tahap II. Ia merupakan pendukung cakades nomor urut 2, Suham.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahapan pencoblosan Pilkades serentak tahap II di 250 desa di Kabupaten Probolinggo, telah selesai dilaksanakan pada Kamis (17/2/2022). Panitia Pilkades di setiap desa juga telah merampungkan proses rekapitulasi perolehan suara. Nah, pendukung calon kepala desa (cakades) yang menang langsung meluapkan kegembiraan.

Seperti yang dilakukan oleh pendukung cakades nomor urut 2 Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Suham. Setelah penghitungan perolehan suara selesai dilakukan oleh panitia, para pendukung Suham langsung mencukur gundul rambut mereka. Hal itu dilakukan setelah perolehan suara Suham mengungguli perolehan cakades lain.

Baca Juga : Hampir Setahun Kosong, Akhirnya Gelar Pemilihan Kades Tegalharjo

Tak hanya menggunduli kepala mereka. Para pendukung dan tim sukses Suham juga menangis haru.

Baca Juga : Pilkades Serentak Rampung, Tapi 4 Desa di Probolinggo Masih Dijabat Pj

Salah satu pendukung, Mohammad Sukron mengatakan bahwa cukur gundul itu dilakukan sebagai bentuk syukur. Terlebih, Suham berhasil mengalahkan cakades petahana. "Kami merasa merdeka sekarang," terangnya.

Sementara itu, cakades terpilih Desa Randutatah, Suham mengaku bersyukur atas kemenangan dirinya. Karena ia harus mengorbankan status PNSnya, agar bisa mencalonkan diri sebagai calon kepala desa. "Tinggal menyusun rencana untuk program ke depan," katanya.

Suham mengatakan, jabatan itu hanyalah titipan saja. Karenanya, ia meminta doa agar diberi kelancaran untuk memimpin Desa Randutatah. Ia juga mengaku siap untuk dikritik dan diberi saran agar desa yang dipimpinnya bisa lebih maju.

Perlu diketahui, ada tiga cakades yang bertarung di Pilkades Randutatah. Untuk cakades nomor urut 1 Moh. Sukur, meraih 133 suara. Cakades nomor urut 2 Suham meraih 600 suara, dan cakades nomor urut 3 Moh. Sa'id meraih 504 suara. (zr/don)