Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-25 17:04:38

Rumah Apung Blimbingsari, Dorong Perekonomian Nelayan

INOVASI: Rumah apung Blimbingsari lokasinya tidak jauh dari garis pantai Desa/Kecamatan Blimbingsari. Keberadaan rumah apung tersebut mampu meningkatkan pendapatan nelayan setempat, di saat hasil tangkapan ikan merosot.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, mengembangkan usaha budidaya ikan dengan konsep rumah apung. Budidaya itu mampu meningkatkan perekonomian nelayan setempat, dan menjadi daya tarik wisatawan.

Pada Minggu (12/2/2022), tadatodays.com melihat langsung lokasi budidaya ikan di rumah apung tersebut.

Baca Juga : Puncak Arus Mudik, Jumlah Pemudik di Pelabuhan Ketapang Tercatat 30 Ribu Lebih

Kepala Desa Blimbingsari, Muhbiruddin -akrab disapa Muhbi- mengatakan program rumah apung ini dibuat karena pihaknya melihat tangkapan nelayan akhir-akhir ini berkurang. Penyebabnya karena faktor cuaca.

Baca Juga : Harga Daging Sapi Tembus Rp 140 Ribu Per Kilogram di Banyuwangi

Selain karena cuaca, faktor lainnya yakni karena wilayah tangkapan nelayan yang semakin jauh. Sementara hasil tangkapan ikan yang didapat tidak sebanding dengan jauhnya area tangkap.

Belum lagi, saban melaut nelayan selalu berangkat pada malam hari dan pulang pada keesokan harinya. "Itu pun cumandapat satu sampai dua kilo ikan. Oleh karena itu kami membuat rumah apung ini agar bisa menjadikan sumber pendapatan baru untuk nelayan," ujarnya.

Muhbi menambahkan, rumah apung tersebut saat ini membudidaya ikan jenis kerapu, kakap, dan lobster. “Serta dapat dijadikan wisata bahari,” katanya.

Nah, dalam proses pembuatan rumah apung, Pemdes Blimbingsari menghabiskan anggaran sebesar Rp 30 juta yang diambil dari Dana Desa (DD). "Mudah mudahan apa yang kami perjuangkan berhasil ke depannya, sehingga hasilnya betul-betul dinikmati oleh para nelayan," tuturnya.

Danpos TNI AL Blimbingsari Letda Laut (P) Triyono yang turut menghadiri peluncuran rumah apung berharap mampu meningkatkan perekonomian nelayan di pesisir pantai Blimbingsari.

"Kami berharap dengan adanya rumah apung ini , bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat pesisir pantai lebih baik lagi. Mereka juga bisa mendapat pemasukan tambahan dari rumah apung tersebut," tandasnya. (rl/don)