Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-16 17:48:17

Rumah di Genteng Terbakar Tak Lama Setelah Penghuni Membuat Kopi

LUDES: Rumah semi permanen di Kelurahan Kembiritan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, ludes dilalap si jago merah. Petugas berhasil memadamkan api 30 menit kemudian, sehingga api tak sampai merembet ke rumah-rumah lainnya.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Sebuah rumah di Kelurahan Kembiritan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, ludes terbakar pada Rabu (16/3/2022) siang. Kebakaran ini diduga bermula dari api tungku di dapur yang tidak dimatikan oleh penghuni.

Rumah tersebut milik Marsimin. Kabakaran itu terjadi sekira pukul 11.00 WIB. Marsimin mengatakan, sebelum rumahnya terbakar diriya memasak air di dapur untuk membuat kopi karena ada tamu di rumahnya. "Saat itu mau masak air di kompor, tapi gasnya tidak ada sehingga menghidupkan tungku," ujarnya

Baca Juga : Gudang Rongsokan di Banyuwangi Terbakar

Setelah selesai membuat kopi, ia tidak langsung mematikan api di tungku tersebut. Tak ayal, api tiba-tiba membesar dan membakar rumahnya.

Baca Juga : Korsleting Listrik, Rumah di Banyuwangi Ludes Terbakar

Api kemudian merambat ke atap rumah dan mengenai sepeda motor yang terparkir di samping tungku. Api pun semakin berkobar dari sepeda motor tersebut.

Sementara, Kabid Pemadam Kebakaran pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi, Sultoni mengatakan pihaknya menerima laporan dari warga bahwa ada kebakaran di Kelurahan Kembiritan.

Dari laporan itu, kata Sultoni, pihaknya langsung menerjunkan petugas dan mengerahkan dua unit truk pemadam kebakaran. “Api terus membesar sehingga melalap rumah beserta isinya," ujarnya.

Beruntung petugas berhasil memadamkan api setelah 30 menit kemudian. Ia menduga kebakaran itu terjadi karena penghuni rumah lupa mematikan api tungku. “Untuk kerugian ditaksir sekitar Rp 20 juta,” ujarnya. (rl/don)