Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-13 16:21:48

Rumah Sekaligus Tempat Produksi Kerupuk Hangus Terbakar

HANGUS: Petugas pemadam kebakaran memadamkan sisa api yang telah menghanguskan rumah sekaligus tempat pembuatan kerupuk.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Nahas menimpa Usman, 31, warga Dusun Krajan, RT 02, RW 02, Desa Satreyan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Rumah miliknya yang juga menjadi tempat usaha kerupuk hangus terbakar, Minggu (13/12/2020), sekira pukul 09.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun tadatodays.com menyebut, kejadian itu bermula saat Usman hendak makan di ruang bagian tengah rumahnya, sesaat setelah menggoreng kerupuk menggunakan tungku yang ada di dapurnya.

Di waktu yang bersamaan, ia mendengar suara rintikan seperti hujan turun. Ia pun bersama istrinya bergegas ke depan rumah untuk mengambil kerupuk lainnya yang dijemur. Karena tidak ada hujan, ia kemudian kembali ke ruang tengah dan memeriksa dapur. 

Alangkah terkejutnya, Usman dan istrinya terkejut saat tiba di dapur. Mereka melihat api di tungku yang terbuat dari tanah liat itu sudah  membesar dan melalap dapurnya. Bahkan dengan cepat menjalar ke seluruh bagian dapur dan sebagian ruang tengah rumah.

"Dugaan kebakaran karena sisa bara kayu bakar di tungku yang mengenai minyak goreng di samping tungku," ungkap Iptu Samiran, Kapolsek Maron. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena saat itu Usman dan istrinya langsung keluar rumah dan meminta pertolongan warga. Seketika itu pula ia dibantu warga untuk memadamkan api menggunakan air dalam ember.

Tak lama kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran datang membantu memadamkan api.

"Untuk korban jiwa tidak ada, mas. Hanya saja korban mengalami kerugian materil sekitar Rp 35 juta," tandasnya. (zr/don)