Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-05 20:53:42

Salam-Ifan Jalan Kaki ke Kantor KPU Jember Sambil Bagikan Sembako

LENGKAP: Bapaslon Salam-Ifan mendaftar ke kantor KPU diantar parpol pengusung dan massa pendukung. Mereka jalan kaki dari kantor PKB menuju kantor KPU.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bakal Pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Jember Abdus Salam dan Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) resmi mendaftar ke KPU Jember, Sabtu (5/9/2020)

Pantauan tadatodays.com bapaslon Salam-Ifan berangkat bersama dengan para ratusan pendukungnya sekitar pukul 13.20 WIB dari kantor DPC PKB Jember, yang ada di Jl. Danau Toba menuju kantor KPU Jember di Jl. Kalimantan.

Baca Juga : Ketika Pemilik Nama Tuhan di Jember Lebih Akrab Disapa Pak Farida

Sepanjang jalan, massa pendukung melakukan long march sejauh 1 kilometer. Mereka juga mengawal Salam-Ifan dengan membagikan sembako pada warga sekitar sembari berteriak yel-yel "Salam-Ifan Juara!". Tampak, Salam dan Ifan ikut berjalan dengan pengawalan ketat dari tim pendukungnya.

Baca Juga : Eksepsi Bawaslu dan KASN Ditolak, Sidang Kasus Netralitas ASN Digelar di PN Jember

Sesampainya di gerbang KPU Jember, Salam-Ifan beserta ketua dan sekertaris partai pengusung menjalani serangkaian protokol covid-19. Seperti cek suhu tubuh, cuci tangan dengan handsanitizer, penyemprotan berkas pencalonan, serta mewajibkan penggunaan masker.

Setelah bergantian mengisi daftar hadir, tepat pukul 13.47 WIB Salam-Ifan beserta pendamping memasuki ruang pendaftaran. Mereka langsung disambut ketua KPU Jember beserta jajaran komisioner KPU lainya.

Usai menyerahkan berkas, Abdus Salam mengatakan, pada pendaftaran hari kedua ini, pihaknya sengaja tidak mengerahkan masa pendukung untuk hadir ke KPU. Karena situasi pandemi, pihaknya tidak ingin pendaftaran KPU menjadi klaster baru penyebaran virus covid-19.

Salam mengaku sebelum berangkat mendaftar, pihaknya terlebih dahulu melakukan acara sungekeman pada kedua orang tua. “Tadi sebelum ke sini, saya dan Mas Ifan terlebih dulu ritual sungkeman kepada orang tua untuk minta restu,” ujarnya.

Ifan yang mendampingi Salam menambahkan, setelah ini pihaknya akan segera menggelar konsolidasi bersama seluruh partai koalisi dan relawan yang ada, untuk bergerak mendulang suara. Utamanya suara di arus bawah.

Perihal strategi pemenangan, Cabup-Cawabup dengan slogan "Wong Jember Mbangun Jember Juara" itu, enggan membeberkan. Hanya saja apa yang akan dilakukan akan out of the box, atau tidak seperti biasanya.

Sementara, Arif Wibowo yang didapuk sebagai ketua tim Pemenangan yakin akan kembali memenangkan pertarungan Pilkada Jember pada 9 Desember 2020 mendatang. “Bertempur itu harus yakin, kalau nggak yakin ngapain bertempur. Tidur aja,” katanya sembari tertawa.

Pihaknya menyebut, basis masa Salam-Ifan adalah partai politik pengusungnya. Oleh karena itu, dalam waktu dekat mesin pemenangan dari masing-masing partai akan segera digerakkan untuk mendulang suara rakyat Jember.

Terpisah, Ketua KPU Jember Mohammad Syai'in mengatakan berkas pencalonan dan berkas calon dinyatakan lengkap dan diterima. Termasuk dukungan Partai Berkarya untuk Salam-Ifan. “Karena kami berpegang pada SK Kemenkuham yang terahir keluar,” kataya.

Diterimanya berkas Bapaslon Salam-Ifan menguatkan dukungan bulat kepadanya menjadi 22 kursi. Dengan rincian, PDI-P (7 kursi); PKB (8 kursi); Partai Golkar (2 kursi); PAN (2 kursi); Perindo (2 kursi); dan Berkarya (1 kursi).

Minggu (5/9/2020) merupakan hari pendaftaran terahir yang akan dibuka dari pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 24.00 WIB. Dari nama Bapaslon Cabup dan Wabup Jember yang muncul, kini hanya tersisa calon perseorangan yakni

Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) yang belum melakukan pendaftaran. (as/sp)