Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-10 12:39:06

Sapi Bunting Milik Janda Dicuri, Puluhan Tetangganya Bantu Mencari

CURWAN: Di bagian kandang yang dirusak itulah, maling membawa kabur sapi milik Ri'a. Atas kejadian itu, puluhan tetangga janda tua itu bergotong royong membantu mencarinya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Ri'a, janda berusia 80 tahun, warga RT 8 RW 3 Dusun Krasak, Desa Pohsangit Ngisor, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, memelihara seekor sapi yang tengah bunting. Akan tetapi, sapi yang direncanakan akan dijual untuk kebutuhannya saat ia sakit itu sudah raib dicuri maling.

Jika ditaksir, sapi milik Ri’a itu seharga Rp 17 juta.

Baca Juga : Tidak Sampai 5 Menit, Dua Motor yang Diparkir di Indekos Raib Digondol Maling

Peristiwa hilangnya sapi tersebut terjadi saat Ri’a sedang tidur, Rabu (10/11/2021) sekira pukul 04.00 Wib. Seketika, ia tiba-tiba dibangunkan oleh tetangganya yang menyampaikan bahwa pagar kandang di sisi timur jebol. Ternyata, sapi yang telah dipeliharanya itu telah hilang.

Baca Juga : Tak Punya Uang untuk Beli Motor Trail, Pria Ini Hendak Mencuri

Ditemui di kediamannya sekira pukul 11.00 Wib, Ri’a yang berjalan membungkuk sambil ditemani tetangganya itu mengatakan, ia merawat sendiri sapi tersebut. Termasuk mencari rumput di ladang, hingga memanggul rumput untuk dibawa ke kandang.

Hingga Rabu siang, ada sekitar 50 orang tetangga dan kerabat Ri’a yang sedang mencari keberadaan sapi bunting miliknya.

Pencarian itu dilakukan dengan mengikuti jejak kaki sapi dari arah kendang. Setelah ditelusuri, jejak kaki sapi itu mengarah ke area sawah ke arah barat menuju Desa Boto, Kecamatan Lumbang. "Untuk memenuhi kebutuhan pencari (sapi), tetangga urunan membantu saya," ujarnya.

Ri’a menyampaikan bahwa ia tak pernah punya keinginan untuk menjual sapinya. Tapi jika ia sakit parah atau bahkan meninggal dunia, maka sapi itu bisa dijual. "Jadi gak merepotkan keluarga atau tentangga," katanya.

Ia berharap sapi tersebut dapat ditemukan dan dikembalikan kepada dirinya. Ditanyakan apakah sudah melaporkan ke Polsek Wonomerto, Ri'a menjawab belum. "Hanya laporan ke PJ kades," tuturnya. (ang/don)