Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-14 13:26:56

Sapi Indukan Seharga Rp 20 Juta di Leces Digondol Maling

CURWAN LAGI: Toyip, menunjukkan tempat sapi di dalam kandang milik Hamidi, kerabatnya, yang hilang pada Minggu dini hari.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satu ekor sapi indukan milik Hamidi, 60, warga Dusun Krajan, Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, raib digondol maling. Sapi seharga Rp 20 juta itu dimaling pada Minggu (14/2/2021) dini hari.

Sebelum sapi tersebut ditemukan hilang, kerabat Hamidi bernama Toyip, 65, melihat ada satu mobil Avanza warna silver datang dari arah selatan di dekat rumahnya. Rumah Toyip sendiri berada di sebalah timur rumah Hamidi.

Baca Juga : Dalam Seminggu, 15 Kambing di Satu Kelurahan Raib Dicuri

Selanjutnya, mobil tersebut berbelok ke arah barat menuju belakang rumah Hamidi atau tepatnya di kandang sapi. Karena tak ada rasa curiga, Toyip pun mengira mobil tersebut hanya parkir.

Baca Juga : Sapi Limusin Bunting Digondol Pakai Mobil

Toyip menjelaskan, ia melihat mobil tersebut melaju kencang sekira pukul 03.00 WIB. "Saya tidak merasa kalau itu maling," kata Toyip.

Tapi tak lama kemudian, Toyip pun curiga. Ia lantas mengecek kandang sapi milik Hamidi, dan ternyata pintu kandang yang diganjal dengan kayu dan diikat karet sudah terbuka. "Saya lihat satu ekor sapi seharga Rp 20 juta hilang," ujarnya. Sementara, 2 ekor sapi lainnya dan kambing yang juga ada di dalam kandang tersebut tidak dicuri.

Ia pun meyakini, bahwa sapi tersebut dicuri pelaku yang membawa mobil Avanza. Akan tetapi ia tidak mengetahui berapa orang yang ada di dalam mobil tersebut.

Sepengetahuan Toyip, sapi indukan yang dipelihara sejak 10 tahun silam itu telah lima kali beranak. 

Pasca kejadian, Hamidi sudah berusaha mencari keberadaan sapinya yang dicuri namun tidak ketemu. Hamidi juga belum melaporkan kasus tersebut.

Menurut Toyip, kasus pencurian di Desa Jorongan sering terjadi. Sebelumnya, kasus pencurian terjadi di sebuah toko. Lalu, 2 ekor sapi milik Dul Wafi, tetangga Toyip, dan terakhir milik Hamidi.

Meski maling kerap menyasar lingkungannya, Toyip menyebut bahwa polisi sudah rutin patroli pukul  02.00 WIB. (ang/don)