Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-03 13:42:28

SAR Jember Putuskan Hentikan Pencarian Nelayan Hilang

MAKSIMAL: Tim SAR Jember resmi mengentikan proses pencarian seorang nelayan yang hilang di Pantai Pancer, Puger, pada 23 Maret lalu.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Operasi pencarian Mat Yasin, 33, nelayan yang menjadi korban perahu terbalik di Pelawangan, Pantai Pancer, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember pada Selasa (23/3/2021) lalu, resmi dihentikan.

Operasi dihentikan setelah tujuh hari pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan di perairan Pantai Puger hingga kawasan Pulau Nusabarong, tak membuahkan hasil.

Dantim Basarnas Jember Rudi Prahara, saat dikonfirmasi mengatakan, pencarian resmi dihentikan sejak Jumat (2/4/2021) sore.  Sebab penyisiran dan penyelaman telah melewati batas maksimal pencarian. "Saat ini berstatus hilang," katanya, Sabtu (3/4/2021) pagi.

Rudi menyebutkan, pencarian jasad korban terakhir dilakukan di sekitaran kawasan Pulau Nusabarong. Namun demikian jasad korban juga tidak ditemukan.

Setelah ini, ujar Rudi, pihaknya akan menunggu informasi melalui jaringan komunikasi dengan nelayan setempat atau Satpolair Polres Jember.

Senada dengan Rudi, Kasatpolair Polres Jember M. Na'im, saat dikonfirmasi mengatakan hal yang sama. Ia mengatakan bahwa proses pencarian jasad korban kecelakaan laut sudah dihentikan.

Pihaknya mengimbau kepada nelayan untuk lebih hati-hati saat melaut, dan menitip pesan bagi nelayan yang menemukan tanda-tanda atau ciri-ciri korban untuk lapor ke Mako Satpolair Polres Jember.

"Kami sudah melakukan pencarian hingga ke luar daerah dan sampai di pantai Kabupaten Lumajang," kata Na'im saat dikonfirmasi via telepon. (as/don)