Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-25 18:39:54

Satgas Covid-19 Banyuwangi Bubarkan Pertunjukan Janger

CEGAH KERUMUNAN: Peralatan kesenian Janger terpaksa diturunkan dari panggung acara, setelah Satgas Covid-19 Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi membubarkan pertunjukan tersebut. Beruntung, pembubaran acara itu tidak sampai menimbulkan kegaduhan.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Banyuwangi melalui Satgas Kecamatan Purwoharjo, membubarkan acara kesenian Janger, yang digelar di hajatan warga Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (24/2/2022) malam. Pembubaran itu dilakukan karena acara tersebut berpotensi mengundang kerumunan di tengah pandemi, dan tidak mengantongi izin.

Kabag Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Lita Kurniawan mengatakan pagelaran kesenian tradisional itu memicu kerumunan. Sehingga berpotensi penyebaran Covid-19. "Akhirnya acara tersebut dibubarkan, karena situasi pandemi Covid-19 dan tidak ada izin keramaian," ujarnya.

Baca Juga : Antisipasi Arus Balik, Polresta Banyuwangi Terjunkan 920 Personel Gabungan

Lita menuturkan, pembubaran pertunjukan kesenian Janger di pesta pernikahan itu dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Purwoharjo, sekira 22.00 WIB.

Baca Juga : Pertanyakan Kasus Pria Ajak Minum Miras, Warga Demo Polresta Banyuwangi

Para petugas yang melakukan penertiban di lokasi, memberikan pendekatan secara persuasif. Sehingga, pembubaran tersebut tidak menimbulkan kegaduhan. "Yang punya hajat maupun penonton mau menerima, lalu membubarkan diri," katanya. (rl/don)