Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-19 20:53:42

Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk Banyuwangi

KETAT: Petugas berjaga dan memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke Banyuwangi, salah satunya di Poa Timbangan, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, memperketat pemeriksaan warga yang akan masuk ke wilayah Banyuwangi. Hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Banyuwangi.

Dari pantauan tadatodays.com di lapangan, dari arah Situbondo-Banyuwangi penjagaan dilakukan di pos timbangan Ketapang. Terlihat, tim gabungan mengarahkan setiap pengendara baik roda dua maupun roda empat ke pos tersebut. Setiap pengendara diperiksa oleh satgas, terutama dalam penggunaan masker.

Baca Juga : Vaksinasi Tahap Dua di Banyuwangi Segera Dilakukan

Koordinator operasi, Nasir mengatakan, pihaknya bersama TNI/Polri, Satpol PP, PMI, BPBD, beserta elemen terkait menggalakkan pemeriksaan di pintu masuk Banyuwangi sebagai antisipasi penularan Covid-19 dari luar. Mereka disemprot menggunakan disinfektan, cuci tangan, dan pemeriksaan suhu tubuh sesuai protokol kesehatan Covid-19. "Terus dicek dari mana dan tujuannya kemana," ujarnya.

Baca Juga : Data Penerima Vaksin Tahap Dua Belum Rampung, Termasuk Lansia

Nasir melanjutkan, upaya memperketat prokes di pintu masuk Banyuwangi sudah dilakukan sejak 6 Januari lalu, dan akan berlanjut hingga akhir Januari.

Nasir menyebut, sejauh ini para pengendara sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik terutama penggunaan masker. Hanya saja ada sebagian kecil yang melanggar. "Kita tindak dengan menyanyi atau mengaji, lalu kita kasih masker," ungkapnya.

Sementara, untuk rapid test hanya diperuntukkan untuk warga yang hendak menyeberang ke Bali. "ita arahkan langsung ke pelabuhan," pungkasnya. (peb/don)