Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-09 17:09:17

Satpol PP Amankan ODGJ yang Kerap Ngamuk dan Mencuri

MERESAHKAN: Satpol PP dibantu warga mengamankan seorang ODGJ (bersarung) dari sebuah rumah kosong, di Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolingo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengamankan Orang Dengan Gangguan Jiwaa (ODGJ), di Desa Bulu, kecamatan setempat, Senin (9/8/2021). Pengamanan itu dilakukan karena ODGJ tersebut mengamuk dan merusak taman.

ODGJ yang belum diketahui identitasnya itu sering mengamuk di Dusun Sumber, Rt 2, Rw 1, Desa Bulu. Sejak lima hari lalu, ia menempati rumah kosong yang ditinggal oleh pemiliknya.

Baca Juga : Ilegal, Baliho Permintaan Maaf atas Kasus Hasan-Tantri Diturunkan Satpol PP

Absir, warga sekitar mengatakan tak ada warga yang berani menegur pria ODGJ itu. Karena setiap harinya, terutama pada malam hari ODGJ tersebut selalu memegang senjata tajam seperti pisau, celurit dan keris. Benda tajam itu digunakan olehnya untuk memotong tanaman tembakau warga dan merusak pipa aliran air.

Lalu, benda tajam itu juga kerap digunakan untuk merusak atap gardu di sawah, dan asbes dapur warga. Tak hanya itu, ODGJ tersebut juga sering membawa barang milik warga sekitar. Mulai dari mencuri ayam, yang kemudian ayam tersebut disembelih. Ia juga sesekali mengambil sepeda milik warga, yang kemudian ditinggal begitu saja.

Bahkan, ODGJ tersebut juga pernah mencuri kotak amal, dan kabel listrik yang digunakan untuk aliran penerangan merajang tembakau. "(Tapi) tidak ngamuk ke orang," katanya pada tadatodays.com.

Dengan diamankannya ODGJ tersebut, Absir mengaku lega. Karena setiap harinya, saat ODGJ belum diamankan, warga selalu dihantui rasa ketakutan.

Sementara itu, Koordinator Satpol PP Kecamatan Kraksaan, Widodo mengatakan kalau pengamanan bermula dari aduan masyarakat tentang adanya ODGJ yang sering mengamuk. Lalu ia menghungi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) pada Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya, dengan keahliannya, pihak Satpol langsung mengamankan orang tersebut. Kemudian dibawa ke rumah persinggahan yang ada di Kecamatan Dringu, yang nantinya akan dilakukan perawatan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang, Malang. "Semoga saja bisa sembuh nanti," ujarnya, usai mengantar ODGJ tersebut ke Dringu.

Pihaknya masih berusaha untuk mencari identitas dan keluarga dari ODGJ tersebut. Sehingga nanti kalau sudah sembuh bisa dikembalikan ke rumahnya. (zr/don)