Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-28 12:58:28

Satu Bacakades Terkonfirmasi Positif Covid-19

PILKADES: Seorang bacakades yang terkonfirmasi positif covid-19 masih menjalani karantina di Puskesmas Maron. Meski demikian, yang bersangkutan masih bisa mendaftar hingga 9 November mendatang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 253 desa se- Kabupaten Probolinggo bakal segera dimulai. Sebelum Pilkades digaelar, ada satu Bakal Calon Kades (Bacakades) yang hendak mendaftar diketahui terkonfirmasi positif covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Vironica menuturkan kalau sebagian syarat kesehatan bagi bacakades adalah sudah divaksin, baik vaksin dosis 1 atau dosis 2. Selain itu ada syarat negatif covid-19 dari hasil swab Pholymerase Chain Reaction (PCR).

Baca Juga : Berkas Pendaftarannya Dikembalikan Panitia, Tiga Bacakades Mengadu ke DPRD

Sehingga dari banyaknya bacakades yang sudah melakukan swab PCR, didapati satu orang yang dinyatakan positif covid-19. “Yang bersangkutan masih menjalani karantina di Puskesmas Maron, selama 10 hari," katanya, Rabu (27/10) kemarin.

Baca Juga : Dispendik Temukan Empat Ijazah Bacakades yang Diduga Palsu

Meski masih dalam proses karantina, bacakades tersebut tetap bisa melakukan pendaftaran. Karena yang bersangkutan sudah menjalani karantina selama 2 hari lalu. Sedangkan pendaftaran akan berakhir pada 9 November mendatang.

Vironica menjelaskan, syarat pendaftaran cakades ini sudah tertuang dalam Perbup tentang Pilkades yang sudah direvisi sebelumnya. “Peraturan tersebut tetap harus dilaksanakan,” ujarnya.

Ia berharap tidak ada lagi bacakades yang dinyatakan positif covid-19. Agar bacakades yang hendak mendaftar tetap lancar. (zr/don)