Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-09 18:50:45

Seekor Landak Jawa Ditemukan Selamat dari Erupsi Gunung Semeru

DISELAMATKAN: Petugas BKSDA Jawa Timur telah menyelamatkan seekor landak jawa di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Jika saat ditemukan landak tersebut kondisinya lemah, kini mulai membaik. (foto: istimewa)

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Seekor landak jawa yang terkena abu vulkanik berhasil diselamatkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. Landak tersebut saat ini sudah dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan pengobatan dan pemeriksaan medis.

Kepala Seksi wilayah VI Probolinggo BBKSDA Jawa Timur, Mamat Ruhimat mengatakan kalau landak tersebut sudah ditemukan pada Selasa (7/12) lalu, di sekitaran halaman rumah warga di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Saat ditemukan landak tersebut masih hidup, namun kondisinya sudah tidak berdaya. Alhasil, landak jawa itu segera dievakuasi dan diperiksa ke petugas medis hewan. "Sampai saat ini masih satu landak," terangnya, Kamis (9/12).

Saat ini pihaknya masih belum memastikan apakah hewan tersebut merupakan hewan yang dipelihara warga sekitar, atau hewan yang secara kebetulan sedang mencari perlindungan di daerah tempat ditemukan.

Karena pada dasarnya, lanjutnya, hampir semua hewan yang terdampak oleh lahar Gunung Semeru sudah mati. Termasuk sapi dan hewan lainnya. "Misinya kami bantu evakuasi," katanya, saat dikonfirmasi via panggilan seluler.

Ia mengatakan kalau kondisi landak jawa tersebut sudah lumayan membaik. (zr/don)