Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-11 19:18:22

Sehari, Tambahan Positif Covid-19 Capai 73 Orang, 4 Di Antaranya Calon Santri

MAKIN MEWABAH: Per Minggu, (11/7/2021) tambahan kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 73 orang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo bertambah signifikan. Tak tanggung-tangung, dari data yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat pada Minggu (11/7/2021), ada 73 orang pasien baru positif covid-19. Dari jumlah itu, 4 di antaranya merupakan calon santri.

Juru bicara satgas setempat, dr. Dewi Vironica saat dikonfirmasi menyampaikan, selain kontak erat, pasien positif covid-19 juga disumbang oleh para calon santri baru di salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Probolinggo sebanyak 4 orang.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, Kabupaten Probolinggo Masuk Level 3

Diketahui, setiap ponpes di Probolinggo menerapkan peraturan bagi calon santri yakni dengan menujukkan surat keterangan negatif corona berdasarkan hasil swab antigen.

Baca Juga : Jumlah Pegawai yang Terpapar Meningkat, Unej Sediakan Gedung Khusus Isoman

Vironica menyebut bahwa tidak hanya empat orang calon santri itu saja yang positif. Sebelumnya, beberapa ponpes lainnya juga mempunyai calon santri yang positif covid-19. Namun ita tidak mengetahui pasti berapa jumlahnya.

Karena masih berstatus calon santri, maka santri tersebut belum sempat bertemu dengan santri lainnya di ponpes tersebut. Sehingga pihaknya tidak perlu melakukan tracing di ponpes tersebut. "Kan masih belum masuk pondok," kata dokter asal Balikpapan ini.

Vironica menjelaskan, dari semua pasien tersebut tidak ada satu pasien yang akan dilakukan sequencing genome. Karena dari syarat sequencing genome apabila pasien positif itu baru pulang dari luar negeri. Atau nilai CT Valuenya kurang dari 25. Sementara mereka semua tidak termasuk dalam kategori tersebut.

Sekadar informasi, kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo sejak awal hingga saat ini sebanyak 3.825 kasus. Sebanyak 261 masih dirawat, 3.348 sembuh, dan 216 meninggal dunia. (zr/don)