Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-26 20:11:54

Sempat Kehabisan, Ketersediaan Oksigen di RSUD Mohamad Saleh Terpenuhi

AMAN: Petugas BPBD menurunkan tabung oksigen di RSUD Mohamad Saleh Kota Probolinggo, setelah sebelumnya mengalami kekurangan dan menutup layanan IGD.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - RSUD Mohamad Saleh kembali membuka pelayanan kesehatan di instalasi gawat darurat (IGD). Sebab sebelumnya, pasokan oksigen di RS milik pemerintah Kota Probolinggo itu sempat kehabisan. Kini, suplai oksigen yang dibutuhkan RS tersebut sudah terpenuhi.

Plt Direktur RSUD Mohamad Saleh, dr. Abraar HS Kuddah menjelaskan kebutuhan oksigen lebih kurang 200-300 tabung. Untuk memenuhi kebutuhan itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan perusahaan yang memproduksi pengisian oksigen.

Baca Juga : Ratusan Santri Pondok Pesantern Riyadlus Solihin Divaksin Covid-19

Ada 4 perusahaan yang menyuplai oksigen di rumah sakit pelat merah itu. Seperti perusahaan dari Pasuruan sebanyak 140, dari Gresik 50, PT. Samator sejumlah 70 oksigen dan PT Candi Gasindo sebanyak 60. Totalnya, ada 320 oksigen untuk sementara waktu ini.

Baca Juga : Ratusan Santri Ponpes Riyadlus Solihin Divaksin Covid-19

Dikatakannya, sekitar 95 persen pasien yang terkonfirmasi positif atau tidak covid-19, sangat membutuhkan oksigen. Seperti, pasien sakit jantung, kadar gula dan darah tinggi. "Kalau tidak tercapai maka rumah sakit tidak bisa melayani," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dalam keterangan tertulis, memastikan ketersediaan oksigen di RSUD Mohamad Saleh aman. "Malam ini udah aman," ujarnya. (ang/don)