Muhammad Syaihul Mizan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-26 20:18:58

Serangan Hama Wereng-Tikus Ancam Tanaman Padi di Lumajang

BISA RUGI: Ancaman hama wereng dan tikus di lahan pertanian padi di Lumajang, berpotensi merugikan petani setempat.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Serangan hama wereng yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Lumajang, terutama di Kecamatan Pasirian serta Candipuro, membuat para petani geleng-geleng kepala. Mereka hanya bisa pasrah saat melihat tanaman padi mereka tiba-tiba berwarna coklat.

Mariono, salah satu petani di Desa/Kecamatan Pasirian, Lumajang, mengeluhkan kondisi tanaman padi miliknya yang diserang hama wereng. Padahal, tanaman padi yang tumbuh di sawah seluas hampir satu hektar itu tidak lama lagi memasuki masa panen.

Baca Juga : Duh! Vandalisme Musala Terjadi di Lumajang

Kini, ia terancam mengalami kerugian sebab sudah banyak uang yang dikeluarkan untuk padinya. "Mulai dari proses membeli bibit, mengolah tanah, hingga pembelian pupuk," ujarnya kepada tadatodays.com, Selasa(26/1/2021).

Baca Juga : Ditabrak Bus, Petani Meninggal di TKP

Ia berharap kepada pemerintah setempat, agar nantinya ada solusi dalam menangani penyakit hama padi tersebut supaya para petani tidak merugi.

Sementara itu, Syaifuddin, selaku Kasi Bidang Pangan pada Dinas Pertanian Lumajang, mengatakan,  perihal serangan hama atau penyakit apapun itu, pihaknya mengarahkan petani untuk menghubungi petugas Unit Perangkat Daerah (UPD) Pertanian setempat yang nantinya diteruskan dan dilaporkan ke Dinas Pertanian. "Nanti sesegera mungkin dilakukan tindakan dengan catatan kalau ada berita tertulis," ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa serangan hama wereng perlu diwaspadai pada musim seperti ini, bahkan hama tikus pun juga terjadi seperti di Kecamatan Rowokangkung. (mz/don)